Sabtu, 09 Juni 2018

P.S. I Like You - Kasie West



- Nilai dari Tulisan -


Judul buku: P.S. I Like You
Penulis: Kasie West
Penerjemah: Airien Kusumawardhani
Pemeriksa bahasa: Orinthia Lee
Penyunting: Selsa Chintya
Proofreader: Seplia
Cover: Chyntia Yanetha
Penerbit: Penerbit Spring
Cetakan: 1, November 2016
Jumlah halaman: 368
ISBN: 9786027432260


Ada sesuatu tentang kerahasiaan dan penantian dan kemungkinan tertangkap basah yang membuat ini jauh lebih mendebarkan dari saling berkirim SMS. 

Lily membenci pelajaran Kimia. Hal ini diperparah ketika gurunya melarang Lily mengeluarkan buku catatannya. Buku itu memang bukan berisi catatan Kimia, melainkan catatan lagu untuk mengusir kejenuhan selama pelajaran. 

Bosan tanpa bukunya, Lily menuliskan sebaris lagu di mejanya. Lagu favoritnya, yang tidak banyak dikenal orang. Mengejutkan, pada pelajaran Kimia berikutnya, ada yang menuliskan lanjutan lirik itu. Dimulailah persahabatan pena di atas meja kelas Kimia.  

Bukan sekadar lagu, mereka pun mulai bertukar banyak cerita. Lily ingin tahu siapa sahabat penanya. Tapi, ada sesuatu yang membuat menulis tanpa nama menjadi menarik. Dan, ketika kebenaran terkuak, Lily harus memikirkan banyak hal. 

"Hanya karena aku memakai pakaian aneh, bukan berarti aku tidak khawatir orang-orang akan menilaiku buruk."

* * *

I love this book so much. Aku bahkan lupa kenapa aku sempat menunda membaca buku ini. Aku pernah mencoba membaca buku ini, dulu. Tapi, akhirnya buku ini harus terpendam. 

Ketika akhirnya aku memulai lagi dari awal, aku sama sekali tidak habis pikir kenapa dulu bisa menunda membacanya. Aku menyukai hampir semua hal dalam buku ini. Atau, memang semuanya.

Karakter Lily unik, dengan beragam masalah—yang menurutku—dekat dengan keseharian. Keseharianku, sebenarnya. Mungkin hal itulah yang membuatku sangat menyukai buku ini.

Semula, kupikir, Lily akan digambarkan sebagai karakter yang aneh. Tapi, keanehan Lily tidaklah seaneh yang kupikir. Lily hanya berbeda dan dia coba berdamai dengan hal tersebut.

Aku sangat menyukai interaksi Lily dengan keluarganya. Bukan interaksi yang selalu manis. Bahkan, mungkin, Lily adalah contoh dari remaja yang merasa ingin "pindah keluarga". Di sisi lain, kecintaan Lily terhadap keluarganya tampak sangat jelas.

Karakter-karakter lain pun tidak kalah menarik. Aku suka bagaimana penulis menunjukkan bahwa karakter sesungguhnya seseorang terkadang tidak selalu tampak seperti yang terlihat. Bahkan, bisa jadi hanya diri kitalah yang membuat kita berpikir karakter seseorang demikian.

Dan, hal ini bukan hanya berlaku pada sahabat pena Lily, tapi juga karakter-karakter lainnya. Walaupun, yaaa, karakter yang paling kusuka setelah Lily, tentu saja, adalah sahabat penanya.


Buku ini tampaknya mengedepankan hubungan keluarga dan keberanian bermimpi dipadu dengan keharusan menangani kenyataan. Tentu saja, bumbu romansa tidak tertinggal, dengan porsi yang tepat. Sebuah buku remaja yang manis dengan pesan-pesannya tersampaikan dengan jelas dan casual.

Aku jadi berpikir bahwa Kasie West adalah pengamat kehidupan remaja yang ulung. Bagaimanapun, walaupun semua orang pernah remaja, tantangan setiap orang dan setiap zaman berbeda, 'kan?

Dan, semua hal yang aku suka dari cerita buku ini dibungkus dengan terjemahan apik, ditambah desain sampul yang cantik. Aku sangat menyukai desain sampul P.S. I Like You versi Penerbit Spring ini. Sangat manis.

Aku rasa, buku ini akan menjadi salah satu buku young adult yang aku jaga dengan sangat dan aku rekomendasikan kepada banyak orang.

Rating:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar