Minggu, 10 Juni 2018

Detective School Q Vol. 1 - Seimaru Amagi & Fumiya Sato



- Jangan Meremehkan -


Judul buku: Detective School Q Vol. 1
Penulis: Seimaru Amagi (story) & Fumiya Sato (art)
Alih bahasa: Faira Ammadea
Editor: Nining
Desain sampul: aBach
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: 1, 2004
ISBN: 9789792057515


Namaku Kyu, kelas 3 SMP. Aku ingin jadi detektif hebat, seperti paman yang menolongku saat aku diculik dulu. Sudah kuputuskan, aku akan melanjutkan sekolah ke Dan Detective School!. Ternyata, sainganku dalam ujian masuk begitu banyak! Meg yang mempunyai daya ingat fotografis, Kinta dengan insting liarnya, Kazuma si gila IT, dan si Misterius Ryu. Aku tidak boleh kalah! Aku harus lulus!

* * *

Kesan pertama membaca buku ini: sangat mirip dengan versi anime! 

Aku sepertinya agak lupa bahwa kalau bukan anime fantasy, memang biasanya sangat mirip dengan buku. Entah kapan terakhir kali aku menonton anime semacam ini. Detective Conan Movie tidak masuk hitungan, ya. Hehe.

Karena sudah pernah nonton animenya, kejutan-kejutan yang mungkin disiapkan penulis menjadi tidak begitu mengejutkan. Cerita buku pertama seri ini tergolong mudah diingat. Walaupun begitu, tetap menyenangkan membaca buku ini. Oke, mungkin kata "menyenangkan" kurang tepat untuk cerita berdarah.


Bagaimanapun, detail-detail kecil terkadang memang tidak mudah diingat. Hal itulah yang menjadikan aku suka re-read beberapa komik atau tetap membaca walaupun sudah tahu garis besar.

Dari segi cerita, aku menyukai bagaimana penulis mengeluarkan satu per satu misteri. Ide sekolah detektif pun menarik. Entah bagaimana, ujian masuk sekolah tersebut mengingatkanku pada ujian Chuunin di komik Naruto.

Dari segi gambar, sepertinya terlalu realistis untuk golongan komik. Aku merasa gambar-gambar darah mengendap di kepalaku.

Secara keseluruhan, aku menyukai buku ini dan akan melanjutkan ke nomor selanjutnya.

"Sebab, bila seorang detektif menyerah ... kasus itu akan buntu!"

Rating:






1 komentar:

  1. Ya ampuuunn.. saya jadi nostalgia. Baca kisah Kyu, Ryu, dll sekitar 10 tahun lalu. Suka banget sama Megumi dan ingatan fotografisnya. Kadang suka ga percaya juga bahwa pengarangnya adalah orang yang sama dengan pengarang detektif Kindaichi yang gambar-gambarnya suka serem (menurut saya)

    BalasHapus