Rabu, 13 Juni 2018

Continuum - Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie



- Antara Kebohongan dan Harapan -


Judul buku: Continuum
Penulis: Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Penyelia naskah: Septi Ws
Desain sampul: Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Ilustrasi isi: Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Penata isi: Tim Desain Broccoli
Penerbit: Grasindo
Cetakan: 1, Desember 2017
Jumlah halaman: 92
ISBN: 9786024525842


On carpet of responsibility. Table is denial engine. 

Sering kali, ada ungkapan bahwa seseorang yang telah meninggal akan menjadi bintang.

Mungkin kita tahu bahwa hal itu sekadar ucapan untuk memberi ketenangan. Sebuah ungkapan penyangkalan padahal  kita tahu hal yang sesungguhnya terjadi pada seseorang yang meninggal dan pada bintang.

Tapi, apakah tidak mungkin bahwa akan ada yang mempercayai hal itu?

My father went to heaven in a tuna can. 

* * *

Jangan pernah berbohong pada anak kecil. Atau, jabarkanlah hal yang kau percayai sejelas-jelasnya. Dua hal itulah yang aku tangkap dari buku ini. 

Hanya perlu beberapa menit untuk melahap buku ini. Tapi, perlu waktu lebih banyak untuk menyerap maknanya. Memahami apakah isi buku ini satu kesatuan utuh atau bukan? Memahami apakah memang itu yang ingin disampaikan penulis?

Buku ini berbahasa Inggris. Hal yang membuatku cukup takjub adalah setiap kalimat terasa berirama. Bagiku, membuat kalimat berirama dengan bahasa Indonesia saja tidak terbayangkan. Lebih tidak terbayang kalau menggunakan bahasa Inggris.

Buku ini dilengkapi ilustrasi yang sangat cantik. Sekilas, buku ini tampak seperti buku anak-anak. Tapi, menurutku, bukan. Buku ini bukan buku anak-anak, melainkan suatu pandangan yang (seolah) disampaikan melalui mata anak-anak.


Saranku kepada calon pembaca buku ini adalah jangan membaca buku ini malam hari. Aku membacanya menjelang tengah malam, ketika latar buku ini dengan sangat mudah terbayangkan.

Walaupun aku tidak yakin benar-benar memahani isinya, buku ini sukses membuat perasaanku campur aduk seketika. Memang bukan tipe perasaan yang membuat menangis sesegukan atau bahagia dengan sangat, tapi tetap saja bisa membuat tidur kurang tenang.

Sebetulnya, buku ini dapat bermakna sedih atau bahagia bergantung dari sisi mana dipandang. Tapi, aku rasa, memandang dari sisi mana pun, kedua sisi akan tetap tampak walaupun mungkin salah satunya akan samar.

Ini pertama kalinya aku membaca karta Ziggy. Aku rasa, memang tidak salah banyak orang selalu menantikan karyanya.

Rating:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar