Selasa, 05 Juni 2018

Best of Roma - Indra P. Nugraha



- Menapaki Kota Berjuta Sejarah -


Judul buku: Best of Roma 
Penulis: Indra P. Nugraha
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: 1, 2015
Jumlah halaman: 120
ISBN: 9786020276304


Sebagian besar pusat atraksi di Roma memang bisa dengan mudah dijangkau dengan hanya berjalan kaki. 

Eropa mempunyai pesona tersendiri. Melihat Eropa seolah melihat suatu peradaban lama yang masih terpelihara hingga kini. Salah satu kota yang banyak diminati untuk merasakan atmosfer sejarah adalah Roma.

Buku ini mengajak pembaca melihat kota dengan atmosfer Kekasairan Romawi tersebut. Dilengkapi informasi persiapan dan pilihan-pilihan terbaik selama di Roma.

Di antara piazza yang lain, mungkin Piazza Novano yang menjadi favorit sebagian besar turis. 

* * *

Aku membaca buku ini dalam rangka mengikuti suatu reading challenge bertema Roma. Aku memilih buku ini karena jumlah halamannya paling sedikit dan kupikir buku ini paling ringan. Lagipula, aku sedang semangat membaca nonfiksi saat itu. 

Isi buku ini cukup informatif, menurutku. Mulai dari persiapan perjalanan, anggaran, pilihan rute, pilihan hotel, bahkan sejarah. Aku rasa, buku ini memang ditujukan untuk mereka yang memang berniat ke Roma atau mencintai Roma. 

Aku belum berniat ke Roma dan bukan penggemar Roma. Jadi, sejujurnya, aku tidak mempunyai bayangan seberapa lengkap buku ini. Menurut pandanganku, buku ini cukup lengkap sebagai panduan menyusun perjalanan. Dilengkapi peta dan banyak foto sehingga pembaca tidak mudah bosan dan lebih dapat membayangkan penjelasan yang dimaksud.


Buku ini semacam menyederhanakan pencarian ketika merencanakan perjalanan ke Roma. Walaupun internet sudah populer, kalau ada buku yang sudah mencantumkan segalanya, kenapa tidak, 'kan? Lebih praktis, hanya perlu membolak-balik halaman buku. 

Hanya saja, satu pertanyaanku: penulis membuat tulisan semacam ini di blognya atau tidak? Tentunya, dengan kalimat-kalimat berbeda. Bagaimanapun, sekarang, akses internet lebih mudah daripada akses terhadap buku tertentu, 'kan? 

Aku sempat membayangkan, dengan banyaknya pengetahuan penulis, bisa saja beliau menjadi travel blogger mumpuni sesuai gayanya. 

Bagi yang berminat dengan Roma, aku rasa, buku ini bisa menjadi suatu panduan. 

Rating:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar