Rabu, 20 Juni 2018

Assassination Classroom Vol. 3 - Yusei Matsui



- Penjahat Berpikir Ulang -


Judul buku: Assassination Classroom Vol. 3
Penulis: Yusei Matsui
Alih bahasa: Martina Rosmawati
Editor: Nina Siti Aminingsih
Desain sampul: Henrikus Ariyanto
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: 1, 2015
ISBN: 9786020268361


Kayano dan Kanzaki diculik saat sedang karyawisata sekolah! Berbekal buku panduan karyawisata panduan Pak Koro, Nagisa dan teman-temannya berusaha mencari lokasi keduanya. Lalu, bagaimanakah usaha pembunuhan yang telah dirancang murid kelas E untuk Pak Koro di Kyoto!?

* * *

Sebetulnya, aku sudah menonton sebagian hal yang diceritakan buku ini melalui versi anime. Walaupun demikian, tetap saja menarik membaca versi komik. Ada hal-hal yang bisa diimajinasikan sendiri ataupun dipikirkan lebih dalam ketika membaca.

Pak Koro ada tokoh yang menyenangkan. Beliau adalah pendidik yang benar-benar pendidik. Di sisi lain, perilakunya juga terkadang polos dan banyak tingkah seperti anak-anak. Mungkin beliau adalah definisi: berhati seperti anak kecil, berpikir seperti orang dewasa. Yaaa, tetap saja, sih, ada hal kurang baik yang diajarkan Pak Koro di buku ini.

Walaupun demikian, Pak Koro mungkin salah satu dari sangat sedikit orang dewasa yang baik di buku ini. Membaca buku ini membuatku berpikir tentang pendidikan. Aku berharap hal yang diterapkan di SMP Kunigigaoka tidak akan pernah diterapkan di Indonesia.


Mengejar angka adalah hal mutlak di SMP Kunigigaoka. Sayangnya, seluruh penghuni sekolah menjadi pem-bully kaum yang mereka anggap lemah. Hal ini bahkan terbawa hingga luar sekolah. Seram, kan?

Secara keseluruhan, komik tentang usaha pembunuhan ini, lagi-lagi, memberikan hal yang lebih dalam daripada soal pembunuhan. Sampai di sini, aku ingin berkata bahwa komik ini perlu dibaca para orang dewasa supaya tidak menjadi pem-bully ataupun mencetak individu-individu pem-bully. Toh, hidup bukan sekadar angka.

"Entah di sungai yang jernih atau di sungai yang penuh lumpur... seekor ikan harus terus berenang maju agar dapat tumbuh besar menjadi cantik."

Rating:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar