Rabu, 13 Juli 2016

Epilog Luka - Aldi Juniarsyah



- Luka Harus Berakhir? -


Judul buku: Epilog Luka
Penulis: Aldi Juniarsyah 
Pemerhati Aksara: Endang Indri Astuti
Desain Sampul: Dien Ilmi
Tata letak: Tim AE
Penerbit: AE Publishing 
Cetakan: 1, September 2015
Jumlah halaman: 145
ISBN: 9786021189627


Walau angin kabarku,
tak ada lagi menghampirimu.
Di sini aku seperti gunung
yang tak beranjak ke mana-mana.

* * *

Aku bukan seorang penggemar puisi. Aku pun bukan seseorang yang memahami puisi. Aku bahkan tidak bisa membedakan puisi bagus atau sebaliknya. Jadi, review ini adalah murni pandangan sok tahu dariku. 

Karena judulnya yang menggunakan kata "luka", hampir bisa dipastikan isinya adalah seputar patah hati. Tentu saja, dengan adanya kata "epilog", ada sedikit harapan untuk beranjak. 

Buku ini seperti mengutarakan kenangan dengan gaya bahasa yang banyak menggunakan kiasan. Walaupun demikian, pembaca puisi pemula sepertiku tidak lantas bingung atau semacamnya. Kiasan-kiasan dalam buku ini mudah dipahami. 

Untuk kategori umur, sepertinya buku ini masuk kategori dewasa. Walaupun banyak menggunakan kiasan, beberapa bagian yang menceritakan dengan gamblang dan lugas perihal sesuatu yang dewasa. 


Hal yang membuatku bingung adalah beberapa kali membawa-bawa Tuhan dan ritual agama. Hal ini membuat agak rancu apakah orang yang dimaksud adalah kekasih atau pasangan yang (pernah) legal. 

Sepertinya, semua puisi dalam buku ini saling berhubungan. Sayangnya, aku belum merasakan bagian klimaks. Aku kurang tahu apakah buku puisi sebaiknya ada klimaks atau tidak, tetapi aku sangat mengharapkan hal tersebut. 

Secara keseluruhan, buku ini cukup mudah dicerna dan tidak menimbulkan galau berlebihan kepada pembaca. Bisa menjadi buku yang selesai dalam sekali duduk. 

Rating:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar