Tentang Review & Rating

Review

Review yang saya buat adalah murni penilaian subjektif. Saya tidak menilai dari segi sastra atau semacamnya. Saya menilai berdasarkan sudut pandang saya sebagai orang awam yang hanya menentukan suka atau tidak suka. Semua berdasarkan selera saya.

Buku yang saya review adalah buku-buku yang termasuk my cup of tea, yaitu:
  1. Novel remaja dan dewasa muda, genre apa pun karena saya belum menemukan genre yang tidak sesuai pada jenis ini;
  2. Thriller, misteri, dan fantasi, tanpa batasan umur;
  3. Non fiksi: self improvement, sains popular, dan travelling.
Buku-buku yang tidak akan saya review dan tidak termasuk ke dalam my cup of tea:
  1. Agama dan semua yang menyinggung SARA;
  2. Tips&trick/how to;
  3. Harlequin;
  4. Biografi & sejarah
Saya mungkin membaca buku-buku yang tidak sesuai selera, tetapi saya tidak akan mereviewnya, kecuali pada keadaan khusus, seperti pada event Baca dan Posting Bareng BBI atau untuk keperluan tugas.

Review yang saya buat mungkin mengandung spoiler sehingga mohon maaf jika merusak kejutan bagi yang belum membaca, tapi saya selalu berusaha tidak membuat spoiler.


Rating


Setiap saya memilih buku, hal pertama yang sering menjadi pertimbangan adalah rating. Sebelum saya membaca review, biasanya yang saya lihat lebih dulu adalah rating buku itu. Memang kadang saya penasaran pada buku yang memiliki rating buruk, tetapi ada hal-hal yang menarik minat saya sehingga saya tetap membelinya. Tetap tidak bisa dipungkuri bagi saya bahwa rating itu penting dan memberi kemudahan kepada calon pembaca. Karena itulah saya selalu menyertakan rating pada setiap review.

Awalnya, saya memberikan rating pada sebuah buku secara keseluruhan. Dari isi, cover, layout, typo, dsb. Namun, setelah saya pikir, nilai buku hanya dilihat dari isinya, kan? Seburuk apa pun cover, kalau isinya bagus, tidak masalah kan? Sebagus apa pun cover, kalau isinya buruk, rasanya ingin memusnahkan buku itu, kan?

Maka dari itu, terhitung 26 Januari 2014, saya hanya akan memberikan rating berdasarkan isi buku. Typo mungkin memengaruhi kalau kesalahannya sudah terlalu parah sampai menganggu mata. Jadi, walaupun covernya tidak mendukung, tapi isinya bagus, tetap akan mendapat nilai tinggi, begitu pun sebaliknya. 

Perhitungannya sebagai berikut:
1 = buku yang sangat buruk sampai membuat berpikir mengapa buku semacam itu bisa hadir ke dunia.
2 = buku yang belum terlalu perlu masuk list to-read, tapi masih memiliki hal yang menjadi alasannya bisa hadir ke dunia, jadi masih boleh dibaca.
3 = buku bagus, seperti sepiring selingan saat lapar.
4 = buku bagus dan oke, memilikinya menambah kepuasan.
5 = buku yang terlalu bagus sampai rasanya ingin meminjamkan ke sana-sini.
4 & 5 umumnya saya bisa menangkap pesan pengarang dengan mudah sehingga saya merokemendasikan untuk memiliki.

Untuk review-review yang sudah ada, saya menggantinya dengan sistem rating yang baru ini, sehingga mungkin akan ada posting sebelum tanggal 26 Januari yang ratingnya naik atau turun.  Saya tidak akan memakai koma lagi karena itu hanya membuat saya bingung sendiri.

Ikon yang saya pakai untuk rating adalah:


Saya mengambil gambar dari pl.fairytail.wikia.com. Dia adalah Happy, tokoh dari manga dan anime Fairy Tail. Alasan saya menggunakannya adalah pertama saya tidak cukup kreatif untuk memikirkan gambar lain, kedua sebenarnya saya memiliki gambar yang saya inginkan di otak saya, tapi gambar itu tidak mau keluar dari otak saya (kalau ada yang mau membantu mengeluarkan, silakan), ketiga karena namanya Happy jadi saya pikir itu cukup menggambarkan seberapa besar kesenangan (kepuasan) yang bisa didapat setelah membaca sebuah buku.

Karena memakai gambar orang lain kurang greget dan khawatir terkena hukum plagiat, ikon rating diganti menjadi:


Sekian mengenai sistem rating,
Terima kasih sudah mampir ke blog ini dan halaman ini. 
^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar