Minggu, 31 Desember 2017

Appointment with Death - Agatha Christie



- Berhak Menerima Akibat? -


Judul buku: Appointment with Death
Judul terjemahan: Perjanjian dengan Maut
Penulis: Agatha Christie
Alih bahasa: Indri K. Hidayat
Sampul: Staven Andersen
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: 11, Mei 2017
Jumlah halaman: 272
ISBN: 9786020339399


Apa sebabnya sesuatu pada diri perempuan tua itu terasa tidak manusiawi?

Keluarga Boynton bukanlah keluarga biasa. Semua hal berpusat pada sang ibu: Mrs. Boynton. Anak-anaknya seolah berada di bawah tiraninya. Mereka semua mengalami gangguan psikologis akibat sang ibu.

Anak-anak keluarga Boynton tidak pernah boleh meninggalkan rumah, tetapi pada suatu hari, Mrs. Boynton ingin keluarganya melakukan liburan ke luar negeri. Di dunia luar, orang-orang menganggap keluarga tersebut aneh.

Tanpa sengaja mereka bertemu orang-orang yang menimbulkan gejolak emosi. Lalu, pada suatu sore, Mrs. Boynton ditemukan meninggalkan dalam duduknya. Hercule Poirot mempunya 24 jam untuk mengungkap kasus ini.

* * *

Aku tidak tahu apakah di dunia nyata ada seseorang seperti Mrs. Boynton atau tidak. Seram sekali membayangkan ada seseorang sepertinya. Beliau bukan tipikal orang yang suka marah-marah, tetapi justru hal itu membuatnya semakin mengerikan.

Kasus dalam buku ini mungkin tidak seluar biasa kasus-kasus dalam buku detektif lain. Seharusnya, kasus buku ini tidak membuat bergidik. Hanya saja, membayangkan Mrs. Boynton bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Pengkarakteran menjadi kelebihan buku ini.

Terlepas dari itu, buku ini banyak memuat unsur drama. Inti kasusnya sendiri bukan hal yang membuat pembaca harus memutar otak berkali-kali. Di sini, aku melihat penulis sepertinya tidak tega "membunuh" karakter lain. Maka, bagian akhir justru menjadi sesuatu yang menghangatkan. 

Setelah beberapa kali membaca Poirot yang kejam, akhirnya aku menemukan Poirot yang menghargai kehidupan. Memang, sih, ada sesuatu mencurigakan tentang "kebaikan" Poirot ini, tapi bukan masalah.

Dalam buku ini pun, penulis sepertinya mengingatkan bahwa hidup adalah hal yang berharga. Bahkan orang jahat pun tidak dibenarkan untuk dibunuh. Dan, ya, kebenaran harus diungkapkan supaya hidup bisa terus berjalan dengan tenang.

Secara keseluruhan, aku menyukai buku ini. Sebuah cerita detektif yang hanya membutuhkan waktu singkat untuk menyelesaikan membacanya.

Rating:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar