Selasa, 21 November 2017

Sad Cypress - Agatha Christie



- Penyelamatan Tertuduh -



Judul asli: Sad Cypress
Judul terjemahan: Mawar Tak Berduri
Penulis: Agatha Christie 
Alih bahasa: Ny. Suwarni A.S.
Desain sampul: Staven Andersen
Cetakan: 9, Oktober 2017
Jumlah halaman: 352
ISBN: 9789792291551


"Mencintai seseorang secara berlebihan selalu mengakibatkan lebih banyak kesedihan daripada kebahagiaan."

Elinor Carlisle dan tunangannya, Roddy Welman diperkirakan akan menjadi pewaris bibi mereka, Mrs. Welman. Lalu, datang kabar bahwa kemungkinan warisan itu juga jatuh ke tangan Mary Gerrard, anak tukang kebun. 

Elinor dan Roddy segera mengunjungi Mrs. Welman. Namun, Roddy justru jatuh cinta pada Mary Gerrard. 

Tidak lama kemudian, Mrs. Welman meninggal. Lalu, menyusul kasus kematian Mary Gerrard. Kali ini, sudah jelas Mary Gerrard diracun dan semua bukti mengarah pada Elinor. 

"Kita tidak diperkenankan mengatur atau menyusunnya menurut kemauan kita sendiri."

* * *

Cerita dibuka dengan prolog adegan sidang pengadilan. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga, tetapi seolah dilihat dari sisi Elinor. Ketakutan tergambar dari pemilihan kata-katanya. 

Masuk ke bab pertama, cerita mundur sebelum pembunuhan terjadi. Sudut pandang yang digunakan menjadi lebih netral. Cerita berlangsung mulai dari kedatangan surat hingga kematian Mary Gerrard. Cerita berpindah dari satu tokoh ke tokoh lainnya. 

Buku ini dibagi menjadi tiga bagian: bagian pertama sebelum sampai terjadi pembunuhan, bagian kedua ketika Hercule Poirot mulai beraksi, bagian ketiga adalah saat pemecahan dimulai. 

Bagian kedua sebetulnya hanya semacam reka ulang bagian pertama melalui wawancara yang dilakukan Poirot. Tentunya, dengan beberapa tambahan informasi. Aku suka cara Poirot melakukan wawancara dan tidak tergesa-gesa mengambil kesimpulan walaupun seolah jelas terpampang. 


Ketika membaca bagian kedua, aku merasa lucu. Betapa detil kecil sering terlewat. Kalau saja lebih peka ketika bagian pertama, mungkin mudah saja mencurigai sesuatu. 

Walaupun demikian, banyaknya tokoh dengan sifat-sifat berbeda memang sepertinya diperuntukan menjadi pengecoh. Ada tokoh yang seperti kurang waras, ada yang sangat sensitif, ada yang terlalu baik. Aku suka bagaimana penulis membuat sifat-sifat berbeda seperti itu. 

Pada akhirnya, aku cukup puas dengan hasil penyelidikan Poirot. Cerita ini mempunyai sisi sedih. Di sisi lain, terdapat juga sisi yang manis. 

Secara keseluruhan, buku ini termasuk buku misteri ringan. Tidak terdapat hal yang terlalu berbelit-belit. Kalau belum pernah membaca misteri dan ingin mencobanya, buku ini bisa menjadi pilihan. Buku ini pun tetap layak dinikmati bagi pencinta misteri. 

"Hidup ini Mr. Welman, bagaimanapun keadaannya, adalah tak masuk akal!"

Rating:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar