Sabtu, 09 September 2017

[Blog Tour] A Man about Town - Hyun Go Wun



- Jatuh Cinta Bisa Menakutkan -


Judul buku: A Man About Town
Penulis: Hyun Go-Wun
Penerjemah: Siti Solehatin
Penyunting: KJ Januwarsi
Proofreader: Seplia
Kover desainer: dilidita
Penerbit: Penerbit Haru
Cetakan: 1, Juli 2017
Jumlah halaman: 384
ISBN: 9786026383211


Oh Tuhan, ternyata di dunia ini ada wanita yang membenci Kim Ha Kyung.

Min Ju tidak percaya ibunya menyuruhnya menjalin hubungan dengan seorang playboy. Min Ju sampai berulang kali mempertanyakan statusnya. Apakah benar dia anak kandung? Ibu mana yang tega memberikan anaknya pada seorang playboy?

Ha Kyung, si playboy, pergi bertemu Min Ju dengan penuh percaya diri. Tapi, yang ditemuinya adalah perempuan yang jauh dari tipenya. Min Ju tampak gemuk, dengan kacamata dan rambut diikat berantakan. Perempuan itu bahkan menolak Ha Kyung. 

Penolakan itu justru membuat Ha Kyung semakin penasaran. Dia terus mendekati Min Ju dengan jurus-jurus playboy-nya. Sayangnya, semakin dekat hati mereka, semakin dekat juga dengan penyesalan.

Aku merasa lelah karena takut jatuh cinta kepadamu.

* * *

Kedua kalinya aku membaca karya Hyun Ho-Wun. Dibandingkan Love with A Witch yang terkesan ceria, buku ini mempunyai alur sedikit lambat. Tapi, bukan seperti novel-novel Jepang, ya.

Aku bilang alur novel ini sedikit lambat mungkin karena banyaknya jurus yang digencarkan Ha Kyung, tapi belum begitu berhasil. Min Ju berbeda sehingga perlakuan terhadap perempuan biasa tidak bisa langsung berhasil. Walau begitu, semua itu menimbulkan kenangan sedikit demi sedikit.

Sejujurnya, aku ingin melempari Ha Kyung dan berkata, "Mendekati perempuan seperti Min Ju bukan dengan cara itu, tapi cara ini." Tapi, yaaa, kalau Ha Kyung tiba-tiba berhasil tentu cerita ini tidak akan ada. Lagi pula, Ha Kyung adalah playboy cerdas yang pasti menemukan jalannya sendiri.

Di bagian awal, selain geregetan oleh Ha Kyung, aku pun dibuat oleh penasaran oleh ibu Min Ju. Kenapa beliau tega menjodohkan anaknya dengan playboy? Apakah beliau tidak bisa melihat sosok Ha Kyung yang sebenarnya? Penyelesaian pertanyaan tersebut cukup menarik untukku.


Buku ini juga berisi beberapa sindiran halus, terutama soal laki-laki dan perempuan pada masa itu. Yup, 15 tahun waktu yang cukup lama, 'kan? Buku ini pertama kali dipublikasi tahun 2002. Walau begitu, ada beberapa yang related dengan masa sekarang.

Ada satu adegan yang sempat membuatku gemas karena alasan yang sangat pribadi. Ketika Min Ju sengaja memakai kacamata setiap bertemu Ha Kyung. Kemudian ibunya melarangnya memakainya lagi karena seolah menutupi diri Min Ju yang sebenarnya. Sebagai pengguna kacamata, rasanya aku tergelitik untuk mengomentari hal itu. Bagaimana bisa kacamata digunakan sebagai tameng? Padahal, kacamata yang tepat bisa membuat seseorang lebih manis. *iyain aja biar cepat*

Bagi penggemar drama Korea lawas, mungkin akan menemukan beberapa adegan yang sudah tidak asing. Tentunya, ada rasa berbeda ketika "melihat"-nya melalui kata-kata.

Pada akhirnya, aku menyukai bagaimana penulis membangun tokoh Ha Kyung. Dia memang seorang playboy, tapi sudah dalam kelas berbeda. Satu-dua kali mungkin akan muncul perasaan gemas. Lebih sering pembaca dibawa menghadapi seorang playboy yang seolah memang layak menerima cinta dari banyak orang. Walau demikian, aku tidak berharap tips-tips playboy ini diikuti banyak orang. ^^v

Menyerah begitu saja terhadap apa yang dianggap berharga hanya akan membuat diri sendiri terlihat menyedihkan.

Rating:


GIVEAWAY



Giveaway kali ini agak berbeda. Peserta bukan menjawab sekarang, melainkan nanti di akhir periode.

Hal yang harus dilakukan lebih dulu adalah mengumpulkan pertanyaan dari semua host. Nantinya, semua pertanyaan itu dijawab di Facebook Penerbit Haru.

Jadi, pertanyaan dariku:

Benda apa yang ibu Min Ju larang gunakan ketika anaknya itu bertemu Ha Kyung?

Silakan dicatat. Selamat mencari jawabannya dan selamat mengumpulkan pertanyaan. ^^

6 komentar:

  1. Waduh.. Nyari spoilernya dimana nih biar tau jawabannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua pertanyaan pasti ada di postingan. :D

      Hapus
  2. Ijin ikutan giveawaynya ya Kak^^v Aku udah baca reviewnya di instagram dan A Man About Town masuk wishlistku bulan ini hehe

    BalasHapus
  3. Kayanya ini novel bisa masuk wishlist bulan ini nih.....
    Makasih review nya kak ^_^ Aku juga ikutan giveaway nya ya :D

    BalasHapus
  4. Berhubung aku baru kelar baca So, I Married an Anti-Fan, aku jadi kepengen lagi baca K-Iyagi. Dan sepertinya buku ini juga lumayan heboh kaya SIMAF ya? ^^

    Penasaran sama endingnya. Dan aku suka sama quote yang di jadiin picquote di postingan ini. Makjleb banget!

    BalasHapus