Sabtu, 29 Juli 2017

Belajar Bahasa Inggris Lebih Baik Berkat Audiobook





Aku yakin teman-teman sudah tahu mengenai audiobook. Audiobook ini semacam buku yang dibacakan oleh seseorang, ya 'kan? Bedanya, dengan dibacakan secara langsung adalah biasanya pelafalan audiobook lebih jelas. Lebih seru lagi kalau pembaca bisa menekankan emosi-emosi dalam buku.

Awalnya, aku kurang tertarik dengan audiobook. Bisa membaca sendiri, kenapa harus dibacakan? Tapi, setelah audiobook muncul di drama-drama Korea yang aku tonton, aku pun menjadi penasaran. Kalau tidak salah, salah satunya muncul di drama "The Heirs". Aku memang tidak begitu berminat pada drama tersebut, tapi aku langsung tertarik pada scene audiobook. Pengaruh drama Korea memang luar biasa, ya.

Dingat-ingat lagi, waktu kecil, aku pun mempunyai set audiobook. Seperangkat kaset beserta bukunya (iya, dulu masih zaman kaset). Semuanya berbahasa Inggris. Aku suka sekali dengan set audiobook ini. Audiobook sangat membantu dalam belajar bahasa Inggris sewaktu masih tinggal di antah berantah, jauh dari berbagai macam tempat les.

Dulu, membaca teks berbahasa Inggris masih luar biasa membingungkan. Huruf "c" dalam kata "cut" dibaca "c", "k", atau "s" saja aku belum tahu cara membedakannya. Karena ada audiobook, setiap kata dalam buku harus dibaca apa menjadi lebih mudah dipahami.

Jadi, berikut alasan kenapa belajar melalui audiobook sangat baik.

Lebih Seru


Ada seseorang yang membacakan buku untuk kita adalah sesuatu yang menarik, 'kan? Buku yang terkadang datar, bisa menjadi lebih seru dengan pembaca yang mahir membawakannya. Terlebih, kalau pembaca bisa menuangkan ekspresi yang ada dalam buku.

Pernah ujian atau belajar bahasa Inggris lalu ada sesi listening? Yaa, semacam itulah. Bagian itu salah satu bentuk audiobook yang memang ditujukan untuk kepentingan pembelajaran.

Lebih Tahu Mengenai Pelafalan


Seperti yang aku bilang sebelumnya, ketika bertemu kata baru, kita akan langsung belajar bagaimana cara melafalkannya. Tidak perlu membuka Google Translate dahulu. Hehe. Belajar langsung dari kalimat pun biasanya lebih mudah diingat, 'kan?

Bisa juga sekaligus belajar aksen British dan Amerika kalau memang set audio tersebut tersebut. Akan sangat menyenangkan kalau bisa membandingkan keduanya.

Lebih Cepat dalam Menangkap Informasi


Slow Reader? Kamu harus coba audiobookAudiobook bisa dipercepat dan pesan-pesan yang ingin disampaikan buku tetap tertangkap.
 

Mudah untuk Diulang


Pengulangan membuat sesuatu lebih mudah diingat, 'kan? Seperti ketika mendengar suatu lagu berkali-kali. Tahu-tahu hafal lagu itu. Audiobook pun demikian. Tanpa harus duduk dengan mata berfokus pada teks, informasi yang harus diingat bisa terserap dengan memutar ulang audiobook. Hal ini efektif untuk dilakukan bersamaan dengan pekerjaan lain atau sekadar menjadi latar suara ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Tidak Terasa Seperti Belajar


Yup, nyalakan audio dengan volume secukupnya. Sambil lari-lari pun bisa tetap menerima informasi secara tidak sadar. Hal ini terutama sangat membantu untuk anak-anak yang masih sangat aktif. Apalagi, bagi mereka yang mempunyai jenis kepandaian auditori.

Belajar dengan audiobook juga tidak terasa seperti belajar karena lebih menyerupai didongengkan. Siapa, sih, yang tidak akan penasaran kalau didongengkan kisah keluarga Pevensie?

Mudah Dibawa


Bawa CD Audio untuk dinyalakan di mobil. Sambil menikmati macet, sambil menikmati petualangan Harry Potter. Rekaman juga bisa didapat di ponsel. Siapa yang sangka kita sedang membaca "membaca" The Lord of The Rings. Pilih perangkat audio MatahariMall.com sesuai kualitas yang dibutuhkan untuk mengurangi distraksi atau polusi suara dari luar.

Jadi, itulah beberapa alasan kenapa audiobook adalah media yang menyenangkan sekaligus bisa menjadi sarana belajar. Itu berdasarkan pengalaman dan pengamatanku, ya.

Kamu pernah mencoba audiobook? Atau, ingin mencoba audiobook? Boleh, kok, ceritakan di sini.

2 komentar:

  1. wah jadi pengen beli mba secara aku lagi belajarin anakku bahasa inggris takutnya kalau aku yang ngomong salah hahaha

    BalasHapus
  2. Audiobook yang rekomen selain amazon dimana, Fah? Jadi penasaran pengen coba.

    BalasHapus