Jumat, 15 Juli 2016

Detektif Conan Vol. 1 - Aoyama Gosho



- Awal Menjadi Kecil -

Judul buku: Detektif Conan 1
Penulis: Aoyama Gosho
Alih bahasa: M. Gunarsah
Penerbit: Elex Media Komputindo
ISBN: 9796637896


Shinichi Kudo adalah siswa kelas 2 SMU yang tertarik pada misteri. Di sela-sela kesibukan sekolahnya, ia sering membantu polisi menyelesaikan suatu kasus. 

Pada suatu hari, ia dipaksa minum racun yang mengakibatkan tubuhnya menjadi susut oleh kawanan penjahat. Ia lalu minta tolong Profesor Agasa untuk mencarikan obat penawarnya. 

* * *

Akhirnya, aku baca volume ini!

Tadinya, aku tidak mau membeli volume lompat-lompat. Mau lengkap langsung sepuluh volume, tapi tiba-tiba saja aku sangat penasaran dengan volume 1.

Aku sudah mengikuti seri ini sampai ke volume puluhan, tapi belum membaca volume-volume awal. Prinsipku adalah "yang penting ngerti". Pernah, sih, aku baca bagian Shinichi menyusut, tapi itu pun tidak sampai tuntas. 

Sinopsis di bagian belakang buku ini seolah menunjukkan bahwa buku ini bergenre fantasi atau sci-fi. Mana ada kisah realistis yang menceritakan tubuh seseorang menyusut karena obat, kan? Kalau aku belum mengenal Detektif Conan, mungkin aku akan mengira komik ini fantasi atau sci-fi dengan unsur detektif. 

Cover volume ini masih sangat umum. Conan berpakaian ala detektif dan latar belakangnya London. Shinchi Kudo adalah penggemar berat Sherlock Holmes. Plus, pakaian Conan yang tampaknya ingin menonjolkan bahwa seri ini adalah serial detektif.

"Laki-laki berjubah hitam yang membuat tubuhku mengecil... Aku harus mencari mereka dan kembali ke tubuh semula..."

Kasus-kasusnya masih sangat sederhana, tetapi justru aku menemukan hal berbeda dari volume ini. Volume-volume lain tampaknya sudah berpola. Mirip satu sama lain. Pola dalam volume awal ini malah tidak sama. Kalau hal semacam ini hadir di volume-volume baru, mungkin bisa menghilangkan kejenuhan. Tentunya, dengan kasus yang tidak selunak di volume ini.

Selain kasus, gambar-gambar di volume ini berbeda dengan volume-volume berikutnya. Ran belum mempunyai tanduk. Wajah Conan masih bulat. 

Hal yang kurang menyenangkan justru perilaku Shinichi. Sedikit-sedikit melancarkan tendangan. Iya, sih, yang ditendangnya pelaku. Pelakunya pun tidak mau mengakui perbuatan, tapi kalau dia sedang duduk berpura-pura sakit, kok agaknya brutal sekali menendang si pelaku (walaupun Shinchi tahu dia pura-pura). 

Shinichi juga masih galau-galaunya karena tubuhnya mengecil. Kalau melihat hubungan Shinichi dengan organisasi jubah hitam di buku ini, sepertinya Aoyama Gosho tidak berniat membuat Detektif Conan menjadi seri yang panjang. Terlihat terlalu lunak. Mungkin, setelah seri ini laris manis, barulah dibuat cerita yang kompleks.

Jujur saja, kalau aku membaca volume ini sebelum membaca dan menonton cerita Detektif Conan lainnya, mungkin aku tidak akan terus mengikuti seri ini. Setelah selesai volume ini, mungkin aku ingin membaca volume selanjutnya, tapi bukan tipe keinginan yang wajib terlaksana. Untungnya, aku mengenal Conan dari bagian tengah. 

Berhubung sekarang aku selalu mengikuti seri ini, kalau ada yang membelikanku kelanjutannya, sangat boleh, loh. Hoho.

Rating:




6 komentar:

  1. Huwow. Aku juga gitu, kak. Pengin baca dari awal. 😁
    Oh, ya. Kalo nggak salah memang dulu rencananya Detective Conan hanya akan sampai volume 20 (dikutip dari detectiveconanworld.com), tapi melihat antusiasme yang ada, akhirnya diperpanjang.
    Katanya lagi, bos organisasi hitam juga udah muncul di awal-awal 😔 siapa, ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya? Baru tau ada isu bos organisasi itu. Jadi makin pengin ngubek-ngubek volume awal. >.<

      Hapus
    2. Ada, kak. Aku sempet baca di Detective Conan World :3 Aku juga kepo maksimal jadinya. Mungkin itu jadi salah satu penyebab kenapa kematian Akemi Miyano ada di volume 3. Heuheu.

      Hapus
    3. Aku baca itu Detective Conan World kalau ada yang dicari aja, sih. Nggak kepikiran nyari hipotesis bos besar. Pantesan. Volume 3 kayaknya salah satu yang paling banyak dicari.

      Hapus
    4. Dulu, aku sempet baca semua volume dalam beberapa hari (pinjem di rental). Terus, aku buka-buka Detective Conan World soalnya kepo. Aku suka aja baca wikinya mereka. Seru. Jadinya, nggak sengaja baca yang spekulasi itu. Tapi aku lupa di bagian mana di sebutnya. Heuheu
      Ohh, iya kah kak? Cuma sampai sekarang aku belum bisa mencurigai siapa sebenernya bos besar itu :(

      Hapus
    5. Aku mau kepoin Detective Conan World juga deh. Banyak, sih, spekulasi tentang bos besar itu. Paling sering dengar tentang Prof. Agasa. Cuma, masih berharap bosnya bukan orang yang dikenal atau orang yang biasanya baik. Kalau kayak gitu, memang twist jadinya, tapi pasti sedih. Huhu.

      Hapus