Selasa, 29 Maret 2016

Yuk, Mengenal Tanaman Obat Serai - Almyra Pangestu



- Si Harum yang Kaya Manfaat -


Judul buku: Yuk, Mengenal Tanaman Obat Serai
Penulis: Almyra Pangestu
Ilustrastor: Ali Ikhsan
Penerbit: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Jumlah halaman: 28
ISBN: 9789799104663


"Ih, kamu kayak nenekku, deh! Kalau lututnya nyeri, nenek juga pakai minyak serai, hihihi . . ." - hlm. 6

Ketika murid-murid lain keluar untuk istirahat, Rei masih berada di bangkunya. Hal itu membuat Adri dan Noni penasaran. Ternyata Rei sedang mencari minyak serai. Minyak itu biasanya digunakan orangtua untuk meredakan nyeri.

Namun, Rei tidak menggunakan minyak itu untuk meredakan nyeri. Rei menggunakannya sebagai antinyamuk alami. Adri dan Noni pun ikut menggunakan minyak tersebut.

Pulang sekolah, mereka ingin tahu seperti apa tanaman serai itu. Mereka pun pergi ke kios Mama Rei. Mereka diberi tahu cara menanam serai.

Ketika sampai di rumah, Rei juga mendapat fakta-fakta baru tentang serai melalui keseharian keluarganya. 

* * *

Buku pertama yang aku pinjam di iJak.

Akhirnya, aku meng-install iJak. Aku mencari buku yang aku ingin baca, tetapi tidak ingin kubeli. Sayangnya, buku tersebut tidak ada. Buku-buku lain yang ingin kubaca masih masuk waiting list. 

Aku sempat berniat ke perpustakaan kota untuk mencari buku tentang tanaman obat. Untungnya, aku ingin aku sudah mempunyai iJak. Untungnya lagi, aku menemukan buku tanaman obat versi buku anak. Aku bisa cepat dan tidak usah berpusing ria membacanya. ^^v
Aku suka buku ini dibuka melalui keseharian tokoh utama. Bukan hal yang anak kalau anak sekolah membawa sesuatu yang baru dan membuat penasaran teman-temannya. Apalagi, tokoh Rei masih anak SD. 

Untuk ukuran buku 28 halaman, buku ini cukup memberi banyak informasi tentang serai. Mulai dari cara menanam, jenis-jenis serai, dan manfaatnya. Selama ini, aku saja hanya mengetahui serai sebagai bumbu masakan. Aku bahkan baru tahu kenapa bahasa Inggris serai dapur (bukan serai wangi) adalah "lemongrass". Katanya, aroma serai seperti lemon. Buatku, aroma serai tidak seperti lemon, sih. Serai, ya, serai, dengan aroma khasnya. Hehe.

Aku juga baru tahu citronella adalah serai wangi. Sebetulnya, aku baru tahu ada serai selain serai untuk masakan. Ketahuan kudet. Kegunaan utamanya pun sedikit berbeda dari serai dapur. Serai wangi banyak dimanfaatkan daunnya untuk disuling menjadi minyak.

Akar hingga daun serai mempunyai banyak manfaat. Rebusan akarnya bisa untuk meredakan batuk. Batangnya bisa dibuat minuman untuk mengurangi letih. Daunnya bisa digunakan sebagai air rendaman saat mandi untuk menghilangkan pegal dan melancarkan peredaran darah. Belum lagi, serai juga bisa dibuat menjadi sabun.

Penyampaian fakta-fakta mengenai serai di dalam buku ini tidak terkesan monoton. Beberapa memang seolah Rei hanya sebagai pendengar, tetapi masih ada interaksi antara Rei dan penyampai informasi. Penyampainnya pun tidak hanya oleh satu orang yang seolah tahu segalanya. Informasi disampaikan oleh beberapa orang yang berinteraksi dengan Rei dalam kegiatannya.

Di akhir buku ini, ada resep minuman serai madu. Aku membayangkannya sepertinya menyegarkan. Cara membuatnya mudah. Mungkin lain kali bisa dipraktikkan. Khasiatnya pun bagus.

Selain mengenalkan serai, buku ini juga mengenalkan sosok "anak baik". Rei si anak supel. Rei yang suka membantu orangtua. Rei yang perhatian terhadap orangtua.

Ilustrasi di buku ini cukup bagus. Tipikal ilustrasi di buku bahasa Indonesia. Bedanya dengan buku pelajaran, buku ini fullcolor

Aku tidak tahu buku ini dijual versi cetak atau tidak. Aku belum mencarinya di toko buku online. Kalaupun tidak, anak-anak masih bisa membacanya di tab, kan? Anak sekarang kan umur 2 tahun saja sudah kenal tab. Hehe. 

Secara keseluruhan, buku ini bisa menambah pengetahuan dan menjadi teladan. Walaupun buku ini buku anak, dari segi pengetahuan, aku pun mendapat banyak hal baru. Jadi, sepertinya tidak terbatas hanya untuk anak-anak.

Rating:



12 komentar:

  1. Jadi ini ada komiknya ya afifah?
    Wah lumayan membantu sih klo buat nyeritain ke target pembaca anak2 mengenai dunia obat herbal macem sereh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingin bukan komik. Cuma buku bergambar gitu. Hehe

      Hapus
  2. asik nih. tambah referensi buku anakku

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah membuat minuman memakai serai, biasanya buat masak saja.
    Minuman serai madu sepertinya bisa menyegarkan badan yah. Pingin coba buat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Aku juga pengin coba buat. :)

      Hapus
    2. Iya. Aku juga pengin coba buat. :)

      Hapus
  4. thanks sharinnya , serai manfaatnya memang banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dan gampang diperoleh. ^^

      Hapus
    2. Iya dan gampang diperoleh. ^^

      Hapus
  5. Wah banyak ya Fah khasiat serai ternyata

    BalasHapus