Jumat, 11 Maret 2016

Reading Romance Challenge 2016




Hai!

Masih belum terlambat untuk ikutan Reading Challenge, kan? Masih, dong. Pendaftarannya saja dibuka sampai bulan Desember, kok.

Sebetulnya, aku sudah berencana mengikuti RC ini sejak Januari. Kenapa baru mendaftara sekarang? Alasan sepele: malas membuat master post. Segitu master post tinggal copas, masih saja malas. Hehe.

RC ini hosted by Nina @ The Bookaddict Diaries.

Langsung saja, kita menuju peraturannya:
  1. Reading Challenge ini berlangsung dari tanggal 1 Januari 2016 hingga 31 Desember 2016. Buku-buku yang dihitung dalam RC hanyalah buku yang dibaca pada periode tersebut.
  2. Pendaftaran RC dilakukan mulai hari ini (21 November) hingga tanggal 25 Desember 2016. Pendaftaran dilakukan melalui form dibawah.
  3. Kamu tidak harus memiliki blog untuk mendaftar. Kamu bisa mendaftar dengan memasukkan link Shelf Goodreads khusus (beri nama 'Reading Romance 2016'), atau mendaftarkan akun Facebook-mu. Pastikan juga untuk menambah Wirda Ridyananda di Facebook.
  4. Buku yang dibaca boleh buku baru ataupun re-read dari buku yang pernah dibaca. Format dan bahasa buku bebas (Ebook, Audiobook, Hardcover, Paperback, Mass Market, dll). Dan buku yang dibaca TIDAK BOLEH postingan online (wattpad, fanfiction, free blog post,dll).
  5. Peserta diwajibkan membuat master post, tetapi tidak diwajibkan membuat review buku yang dibaca. RC ini murni dihitung dari jumlah buku yang kamu baca selama periode RC. Khusus untuk peserta yang mendaftarkan Goodreads, tidak perlu membuat master post. Peserta wajib memasang button RC di sidebar blog (jika memiliki blog) dan link kembali ke post ini.
  6. Peserta bebas memilih level yang ingin diambil. Peserta bebas memilih berapa tema yang diinginkan, minimal satu tema untuk tiap peserta. Tema hanyalah tantangan tambahan, kamu boleh memilih buku tanpa tema tertentu. Jumlah buku yang kamu baca untuk tiap tema yang kamu pilih minimal satu buku.
  7. Tulis di kolom komentar mana level yang ingin kamu ambil dan tema apa yang ingin kamu penuhi. Contoh: Kamu ingin membaca 3 buku dengan tema Out of the Century, dan 10 buku lain yang tidak masuk tema apapun.
  8. Menambah tema dan naik tingkat boleh dilakukan setelah memenuhi level awal yang kamu ambil dan sudah membaca satu buku untuk tema yang kamu pilih.
  9. Update akan dilakukan setiap tiga bulan sekali, berarti upate akan dilakukan pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember (khusus Desember, akan disatukan dengan wrap-up post di Januari 2017). Akan ada giveaway untuk setiap update, dan ini surprise :) Rajin-rajin update ya. Update untuk peserta dengan shelf GR cukup dengan memasukkan link shelf-nya dan pastikan untuk memasang tanggal baca. Update untuk peserta Facebook melalui Note dengan menuliskan buku apa saja yang dibaca selama periode update.
  10. Aturan update akan diposting pada saat periode update
  11. Subgenre Romance yang kamu ambil bisa apa saja dan bebas
  12. Sebagai tantangan tambahan, silakan mencari buku-buku dengan tema dibawah ini. Yang bisa menyelesaikan 16 tema dibawah akan mendapatkan surprise tersendiri di akhir tahun :) Peserta minimal wajib memilih 1 tema.
  13. Pada akhir periode RC, 2 orang peserta dengan jumlah buku terbanyak akan mendapatkan grand prize (lagi-lagi surprise! XD biar seru gitu kan, haha). Akan ada reward khusus untuk 1 peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh 15 tema tambahan. Kalau ada lebih dari 1 orang peserta yang menyelesaikan semua 15 tema, peserta yang mendapatkan reward adalah peserta yang jumlah bukunya terbanyak. [Edit] Tambahan: 1 Buku untuk 1 Tema
  14. Share RC ini di media sosial kamu! Mention Wirda Ridyananda di FB, Nina Ridyananda di Google+ @Ridyananda di Instagram dan Twitter
  15. Link untuk download banner ada di link dibawah ini. Atau bisa juga email ke ninaridyananda[at]gmail[dot]com untuk langsung mendapatkan bannernya.
Level
Skeptic Romantic : 1 - 15 buku
Romantic Believer : 16 - 30 buku
Hopeless Romantic : lebih dari 30 buku
Tema
1. Out of The Century
Bacalah buku dengan setting di luar abad ke-21, dan bukan kontemporer

2. Your Opposite Perspective
Jika kamu peserta laki-laki carilah buku yang diceritakan melalui POV cewek. Jika kamu peserta perempuan, carilah buku dengan POV cowok. POV harus merupakan POV orang pertama (menggunakan 'aku'). [Edit] Mengingat beberapa buku punya alternate POV yang diceritakan bergantian, alternate POV diperbolehkan.

3. Books to Movie
Pilih buku-buku yang sudah atau dipastikan akan menjadi film/serial TV (contoh: The Fault in Our Star, The Mortal Instruments, Crossfire).

4. Royal Love
Buku dengan tokoh utama yang berasal dari keluarga kerajaan atau termasuk keluarga tua/bangsawan (noble). Harus tokoh utama, bukan tokoh sampingan/cameo. Banyak buku Historical Romance yang bisa kamu pilih untuk tema ini.

5. Trip to Europe
Buku dengan setting tempat di Eropa. Di negara mana saja asal di benua Eropa.

6. Enemies Turn Lovers
Buku yang kedua tokoh utama (hero dan heroine) awalnya bermusuhan/berlawanan sisi, kemudian jadi pasangan (contoh: Serial Neighbor from Hell - R.L. Mathewson)

7. Third Installment
Baca buku ketiga dalam sebuah seri.

8. Native Language
Buku yang dibaca dalam bahasa aslinya (mis. Inggris, Jepang, Jerman, dsb).

9. Chunkster Books
Memiliki buku dengan tebal lebih dari 450 halaman? Khusus ebook, patokan halaman yang akan aku perhatikan adalah dari format Kindle di Goodreads.

10. Darker Part of Romance
Merasa pengen baca buku bergenre Dark Romance? Tokoh utama merupakan tipe tortured hero/heroine? Baca dan masukkan ke tema ini! (contoh: Monsters in the Dark by Pepper Winters, Alpha by Jasinda Wilder).

11. Superheroines
Buku dengan tokoh utama cewek dominan atau super-duper-kickass character (contoh: Kate Daniels, Guild Hunter, etc).

12. Love in the Spotlight
Tokoh utamanya merupakan anggota dari sebuah band, rockstar, penyanyi, atau bintang film. Yah, celebrity love story lah. :) :)

13. School's Day
Buku yang masuk adalah buku dengan latar belakang di sekolah/kampus, atau tokohnya anak-anak sekolahan.

14. Out of Normal
Pecinta Paranormal Romance atau Fantasy Romance? Sesuatu yang diluar 'normal' kita? Pilih saja tema ini.

15. Men in Uniform
Salah satu kelemahan pribadi terbesar Nina nih: pria-pria berseragam. Boleh Militer, Polisi, Secret Agent, dll.

Itulah peraturan dan segala macamnya. Aku akan mengambil Romantic Believer. Sok banget langsung ambil level tengah. Hehe. Di IRRC saja, aku ambil Hard. Kalau IRRC berhasil, RC ini juga pasti berhasil, kan. ^^v

Tema yang akan aku ambil sebagai permulaan adalah Royal Love. Kenapa? Karena aku masih belum bisa membaca Hisrom. Kalau aku ambil Trip to Europe, namanya bukan tantangan. *belagu*. Buku yang akan kubaca, mungkin Wife of Wednesday karya Catherine Bybee. Versi terjemahannya belum terbit. Covernya saja masih voting, tapi aku suka semua pilihan covernya. Lagi-lagi, karena cover.

Siapa tahu, Wife of Wednesday bisa membuatku menyukai hisrom. Pokoknya, aku berharap bisa sukses di RC ini. Kalau bisa, sampai menyelesaikan semua tema. #obsesi.


3 komentar:

  1. Baru tau ada ginian.. pengen ikut telat banget nggak sih?😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dibuka pendaftarannya. Masih 5 bulan lagi. :D

      Hapus