Selasa, 26 Januari 2016

[Wrap-Up Post] Donate for Comments



Wrap-up post terakhir yang harus kubuat tahun ini.

Tahun lalu, aku mengikuti program Donate for Comments. Seperti yang disebutkan pada master post, program ini sebagai bentuk terima kasih dan syukur atas semua komentar yang masuk. Para blogger tentu senang kalau ada komentar yang masuk ke blognya, kan? Aku pribadi selalu suka membaca setiap komentar yang masuk.

Aku juga mengusahakan membalas komentar-komentar. Seringnya, sih, begitu kulihat via laptop, komentarnya sudah agak lama jadi aku merasa kalau dibalas pun sudah basi. Hehe. Kalau komentar berupa pertanyaan, walau sudah agak lama, biasanya tetap kubalas. Walaupun aku tidak membalas komentar di blogku, aku tetap berusaha membalas komentar dengan berkomentar balik di blog siapa pun yang komen. Tidak ada kata terlambat untuk jalan-jalan ke blog orang lain.

Karena itu, selain membalas komentar, rasa senang itu juga aku wujudkan dengan ikut serta dalam Donate for Comments. Program ini juga membuatku terpacu membuat postingan yang bisa komen-able. 

Semula, aku bermaksud, membuat wrap-up post ini kalau aku sudah mendonasikan semua hasilnya. Sayangnya, aku takut kelamaan. Lain waktu, postingan ini bisa di-update.

Jadi, total komentar selama 2015 adalah

685 komentar

Jumlah ini tidak termasuk komentar spam. Mohon maaf, aku langsung report spam setiap ada spam yang masuk.

Donasi untuk satu komentar sebesar Rp500.  Jadi, total yang didonasikan adalah

Rp500 x 685 = Rp342.500

Sebelum akhir tahun, aku sudah mendonansikan Rp150.000 untuk lembaga amal via transfer rekening dan mesjid di dekat rumah via kotak amal. Hal ini kulakukan supaya kalau ada sesuatu yang membutuhkan biaya mendadak, aku tidak merasa berat untuk program ini. Sayangnya, aku tidak mencatat lembaga amal mana. Bukti transfernya pun sudah kubuang.

Sisanya, aku belikan buku untuk perpustakaan. Karena aku membelinya secara online, buku-buku tersebut belum datang semua. Kalau sudah serah-terima, akan segera ku-update.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar