Jumat, 30 Oktober 2015

Black Collection - Yoko Matsumoto

Goodreads

- Siapa di Situ? -


Judul buku: Black Collection
Judul asli: Kuro no Kumikyoku
Penulis: Yoko Matsumoto
Penerjemah: Indraty 
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: Ke-1, 1994
ISBN: 9795377329


Setelah menyaksikan resital pianis terkenal, Ricardo Doner, Chaty dan Jes menemui sang pianis untuk menyerahkan karangan bunga. Karena perkenalan itu, Ricardo bersedia membimbing Jes agar dapat ikut dalam kontes piano.
Tetapi karena penyakit kankernya, Ricardo meninggal dunia. Jes bertekad tidak akan mengecewakan Ricardo di kontes piano yang akan diikutinya.
Ia memilih lagu black colletion sebagai lagu pilihan bebas.
Mungkinkah lagu sesulit black collection bisa dikuasai Jes dalam waktu sesingkat itu? Dan...kenapa sikap Jes tiba-tiba berubah...?


* * *

Selain cerita utama berjudul Black Collection, buku ini berisi 3 cerita lain. 2 cerita mengenai anak yang merasa kurang diperhatikan orangtuanya sehingga melakukan hal kejam. Namun, sebagai anak-anak, mereka hanya mengira hal itu hanya candaan. 1 cerita lain mengenai seorang anak SMP yang mendapat terror melalui telepon. Penelepon mengatakan dia kesepian karena anak itu melupakannya.

Semua tokoh utama dalam setiap cerita masih remaja atau anak-anak, bahkan ada anak yang belum menginjak usia sekolah. Hal tersebut tidak mengurangi tingkat keseraman cerita. Aku justru merasa tokoh anak-anak menjadikan horror dalam cerita ini lebih hidup. Kalau orang dewasa melakukan hal kejam, akan disebut psikopat. Bagaimana kalau anak kecil yang lugu yang melakukannya? Kurasa, itu menambah ketegangan tersendiri.

Latar tempat dalam buku ini bukan di Jepang. Sepertinya buku ini mengambil latar di Eropa, tapi daerah-daerah terpencil. Latar tempat ini menjadi penghubung latar suasana untuk mendapatkan suasana yang lebih "dingin".

Ilustrasi dalam buku ini bagus untuk ukuran komik pada masa itu (aku bahkan baru lahir!). Kesan gelap pun ada. Terjemahannya tidak kaku. Aku juga tidak menemukan typo atau gambar yang kurang wajar. 

Untuk yang tidak begitu menyukai cerita dark sepertiku, buku ini bisa cukup membuat kita waspada kiri-kanan. 

Jadi, aku memberi rating 3 untuk buku ini.

Rating:



Diikutsertakan pada:

Tema: Horror

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar