Senin, 14 September 2015

Mengunjungi Perpustakaan Cinta Baca di Bogor

Image source: durhamlibrary, edited by me
 
Ada yang tau hari ini hari apa? Hari Senin! Iya sih, tapi bukan itu. Hari ini, tanggal 14 September, adalah Hari Kunjungan Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca. Kayaknya hari peringatan ini masih kurang umum, ya? Saya pun mengetahuinya karena ada penanda di kalender BBI. Dari namanya, harusnya perpustakaan yang mengunjungi kita, nggak sih? Kalau di berita kan bisanya, "kunjungan presiden . . .", yang berkunjung presiden tersebut. Ya sudahlah, nggak usah dibahas. Perpustakaan keliling juga nggak mungkin mengunjungi semua pemukiman dan sekolah.

So, karena hari ini adalah Hari Kunjungan Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca, mari kita jalan-jalan ke perpus.

Perpustakaan Cinta Baca, Bogor

Perpustakaan yang saya kunjungi hari ini adalah Perpustakaan Cinta Baca yang beralamat di Jl. Raya Bogor Baru Blok A2/17, Bogor. Kalau mau ke sini, dari Terminal Baranang Siang, jalan ke arah Tugu Kujang, lalu naik angkot 05. Kalau dari Stasiun Bogor, jalan ke arah Istana Bogor, lalu naik angkot 05 juga. Bilang saja ke sopir angkotnya, "Indomaret." Perpustakaannya ada di samping Indomaret pertama yang ada di rute itu. Kalau naik kendaraan pribadi gimana? Ikutan angkot 05 juga. Kalau saya tulis di sini, jadinya malah menceritakan rute perjalanan, bukan perpustakaannya. Hehe.

Perpustakaan Cinta Baca dikelola oleh LSM. Selain di Bogor, Perpustakaan Cinta Baca juga berdiri di beberapa kota lain. Kebetulan, hari ini adalah hari adalah ulang tahun perpus ini, loh. Perpustakaan ini sudah berdiri selama 14 tahun. Kalau manusia, umur segitu sedang masa labil, tapi kalau perpustakaan, semoga sudah stabil dan semakin memperluas minat baca masyarakat.

Koleksi di Perpustakaan Cinta Baca sebagian besar berbahasa Inggris. Semula saya pikir semua buku di sini adalah buku anak karena ketika masuk langsung dihadapkan dengan buku-buku anak. Tempatnya pun nyaman untuk anak-anak belajar. Ternyata, ada buku-buku dewasa juga. Rak buku dan tempat membacanya tentu saja dipisahkan.

Selamat datang di Perpustakaan Cinta Baca, Bogor

Di bagian buku anak, ada banyak buku-buku cerita klasik. Heidi, Little Red Riding Hood, Beauty and The Beast, masih dalam versi jadoel. Buku-buku Enid Blyton cukup mudah ditemukan. Buku Roald Dahl pun ada. Buku-buku cerita Disney cukup banyak di sini. Saya pun menemukan seri Harry Potter walaupun hanya dua buku.

Tak hanya buku cerita, ensiklopedi atau buku pengetahuan populer pun ada. Tentu saja, sebagian besar berbahasa Inggris. Buku-buku berbahasa Inggris dan Indonesia tidak dipisahkan. Jadi, lebih malas mencari buku berbahasa Indonesia atau belajar bahasa Inggris? Hehe.

Ruang Baca Anak

Ruang baca anak dibuat lesehan. Rak-raknya pun tidak terlalu tinggi sehingga anak-anak tidak sulit menjangkaunya. Ruangannya memang tidak disekat dinding, tapi dengan dikelilingi rak buku, saya tetap merasa berada di ruang berbeda. Berada di antara banyak buku memang bisa menciptakan dunia sendiri. ^^v

Di bagian dewasa, buku-bukunya lebih bervariasi. Ada textbook, buku pengetahuan populer, kerajinan tangan. Novel pun lumayan banyak. Ada Sidney Sheldon, Lisa Kleypas, Agatha Christie, dan lainnya. Buku-buku penulis lokal pun ada. Di bagian dewasa, buku-buku berbahasa Indonesia lebih mudah ditemukan.
 
Ruang Baca Dewasa

Semua buku-buku di Perpustakaan Cinta Baca boleh dibaca di tempat, gratis. Kalau mau meminjam, harus mendaftar menjadi anggota. Biaya pendaftarannya Rp20.000 untuk satu tahun. Buku yang dipinjam maksimal sebanyak empat buku dengan batas waktu pengembalian satu minggu. Kalau terlambat mengembalikan, akan dikenakan denda Rp500 per hari. Kalau mau memperpanjang masa peminjaman, bisa via telepon. Jadi, bagi yang tempat tinggalnya nun jauh di sana seperti saya, tidak perlu bingung antara memilih kena denda atau membayar ongkos. Tetap bayar pulsa sih. Hoho.

Perpustakaan Cinta Baca tak hanya menawarkan berbagai bahan bacaan, tapi juga menyediakan kursus. Setiap hari Kamis, ada English Club untuk anak-anak. Untuk dewasa, ada kursus bahasa Korea dan Jepang. Biayanya cukup terjangkau, masih harga mahasiswa.

Bagi turis, Perpustakaan Cinta Baca juga menyediakan guest house. Untuk fasilitas dan biaya, bisa tanya-tanya langsung ke pihak yang terkait.

Pustakawan di sini cukup ramah. Mereka sepertinya tampak sangat senang mengurus tempat ini sehingga tempat yang penuh dengan buku pun menjadi lebih hidup. Saya selalu suka ketika orang-orang yang mengurus perpustakaan adalah orang-orang yang memiliki passion, bukan sekadar petugas penjaga suatu tempat. Orang-orang LSM umumnya memiliki passion di bidang yang mereka geluti, kan?

Saya senang ada taman bacaan seperti ini di Bogor. Selama ini, saya hanya mengetahui Perpustakaan Daerah Kota Bogor saja. Dulu, pernah ada perpustakaan Islami milik salah seorang warga Bogor, tapi saya tidak tahu sekarang perpustakaan itu kasih ada atau tidak. Lokasinya berada di jalan sepi sehingga saya tidak berani ke sana sendirian. Saya pertama kali mengenal buku-buku remaja Islami di perpustakaan itu.

Kalau ada perpustakaan lain di Bogor yang bisa saya datangi, tolong beri tahu, ya. ^^


Perpustakaan Cinta Baca
Jl. Raya Bogor Baru Blok A2/17
Bogor
Telepon: (0251) 8354765
Website: www.cintabaca.org

8 komentar:

  1. keren banget ada perpus yg bagus ya. Di cirebon mah perpusnya milik pemerintah dan kurang terawat dan mirip kuburan karena sepi

    BalasHapus
  2. dari luar kayak rumah biasa padahal tapi di dalamnya keren bangettt.... koleksinya rapi dan banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Tempat yang banyak buku selalu keren. ^^

      Hapus
  3. Ya ampun nggak tau ada hari kunjungan perpus. Pengin deh punya perpus. Alhamdulillah si sulung sudah kembali ke jalan yang benar, rajin baca. Yg bungsu belum nih, masih gadgetan terus.

    BalasHapus
  4. ..... ayo qt giatkan Keluarga Gemar Baca, kapan donk akan ke CB???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah lama ke Cinta Baca. Yuk, Mbak.

      Hapus
  5. Mungkin maksudnya perpustakaan islami itu, perpustakaan islam dzikrullah mba? Ada di Jalan Buntu Sebelah SDN Perwira dekat air mancur. Memang jalanannya sepi karena adanya di komplek perumahan. Tapi buku2nya bener2 bagus disana :)

    BalasHapus