Jumat, 31 Juli 2015

Kumpulan Cerita Terbaik Miiko! - Ono Eriko


Judul buku: Kumpulan Cerita Terbaik Miiko!
Penulis: Ono Eriko
Penerjemah: Widya Anggraeni Winarya
Penerbit: Gramedia (M&C)
Cetakan: Ke-6, 2009
ISBN: 9789792335149

Dari 190 episode cerita Miiko, dipilih 10 cerita terbaik!

Ada yang lucu, ada yang heboh, ada juga yang mengharukan! Semuanya cuma buat kamu!

* * *

Sudah kenal Miiko? Kalau belum, yuk, kenalan dulu.

Yamada Miiko adalah murid kelas 5 SD. Dia punya adik pintar bernama Mamoru, dan papa mama yang baik. Miiko bersahabat dengan Shimura Mari dan Ogawa Yuuko (Yukko).

Sebagai penggemar komik Jepang, rasanya aneh juga saya belum pernah membaca Miiko! Teman saya yang tidak begitu menggemari komik saja sangat menyukai serial ini. Karena itu, saya pun mencoba mulai membaca serial ini dari Kumpulan Cerita Terbaik. Menurut saya, kalau cerita terbaik saja tidak membuat saya jatuh cinta, tertawa, atau terharu, bagaimana dengan cerita lainnya. Kalau cerita terbaik bisa membuat saya jatuh cinta, tertawa, dan terharu, mungkin saya bisa menyukai cerita lainnya.

Setelah saya baca, saya rasa saya bisa menyukai Miiko. Cerita-cerita dalam buku ini dekat dengan kehidupan sehari-hari. Pengemasannya sangat menghibur.

Contohnya, ketika Miiko mencari komik yang dia yakin ditaruh di meja belajarnya. Lalu, dia ingat komik sempat itu dipinjam Mari. Ketika menagihnya, Mari yakin sudah mengembalikannya. Miiko tetap keukeuh belum menerimanya. Ditambah Yukko yang tiba-tiba menagih penggarisnya kepada Mari dan ternyata memang belum dikembalikan, makin yakinlah Miiko bahwa Mari belum mengembalikan. Mari pun mencari di rumahnya walaupun yakin sudah mengembalikan. Lalu, ibu Mari menanyakan kepada Mari tentang selebaran yang seharusnya diisi orangtua. Mari pun yakin sudah memberikannya. Ketika dia membuka tas, ternyata selebaran itu masih ada di dalam tasnya. Mari pun menjadi tidak yakin dia sudah mengembalikan komik Miiko. Kemudian, dia teringat ada satu tumpukan komik di dekat rak buku dan ternyata tumpukan itu sudah dijual ke tukang loak oleh ibu Mari. Di lain pihak, Miiko masih ngedumel karena komiknya tidak ada. Dan ternyata, komik itu jatuh ke tempat sampah di samping meja belajar Miiko! Miiko pun merasa tidak enak karena sudah menyalahkan Mari. Saat itu, Mari justru takut karena mengira komik Miiko sudah diloakkan oleh ibunya.

Kejadian semacam itu sering saya alami. Keukeuh-keukeuhan dengan orang lain, entah siapa yang lupa. Kalau ternyata diri sendiri yang lupa, duh malu deh. >.<

Cerita favorit saya adalah ketika Mari dan Yukko sama-sama sibuk dengan orang lain. Sewaktu kecil, hal semacam itu sering membuat kita khawatir akan ditinggal sahabat. Cerita ini menyisipkan semakin dekatnya Miiko dan Tappei, cowok yang disukai Miiko. Favorit saya lainnya adalah ketika Miiko "bertemu" anak-anak korban bom atom. Ceritanya mengharukan.

Dari segi gambar, Ono Eriko membuat gambar yang orisinil, lucu, bulat-bulat. Hehe. Bentuk tubuh Miiko dan teman-teman sekelasnya berbeda. Ada yang bulat seperti Miiko, ada juga yang tinggi seperti Yukko.

Setelah membaca komik ini, mungkin saya akan membaca cerita-cerita Miiko lainnya. ^^

Rating:






Diikutsertakan pada:


Tema: Kenakalan Anak



1 komentar:

  1. Jiiiah kalau miko sih anak2ku punya semua serinya heheheee tp aku belum pernah baca.

    BalasHapus