Selasa, 07 April 2015

Songs That Remind Me of Books





Kadang, seperti halnya film, buku memiliki soundtrack tersendiri. Soundtrack itu biasanya muncul begitu saja walaupun dalam buku tidak disebutkan lagu apa pun. Soundtrack itu kadang muncul ketika membaca buku, kadang setelah membaca buku lalu mendengar lagu dengan lirik tertentu, atau kapan pun itu sehingga lama setelah selesai membaca buku, setiap mendengar lagu tersebut selalu teringat buku yang dimaksud. 

Karena sebagian besar lagu bertema cinta, buku yang teringat pun buku-buku romance atau adegan romantis dalam buku bukan romance. Berikut lagu-lagu yang mengingatkan saya pada buku-buku romance:
  


Lagu: Kaeritakunatta Yo - Ikimonogakari
Buku: Ai - Winna Efendi
Lagu ini mengingatkan saya ketika Ai kembali ke desa setelah sesuatu yang menimpa Shin. Lalu, soundtrack masih berlanjut pada adegan di Tokyo Tower sampai epilog.


Kaeritakunatta Yo lyric translation, source: Kiwi-musume. Image source: Quan4, edited by me.



Lagu: Air on A G String – J.S. Bach (piano version)
Buku: Fantasy – Novellina A.
Lagu ini salah satu lagu dari sekian banyak lagu yang disebutkan dalam novel ini. Novel ini mengubah persepsi saya mengenai lagu ini. Novel ini menjelaskan bahwa Air on A G String adalah lagu romantis. Sebelum membaca novel ini, saya mengira lagu ini memilukan. Hal ini disebabkan perbedaan versi. Versi awal yang saya dengar adalah versi orkestra, saya lupa orkestra apa. Karena novel ini, saya mencari versi piano dan ternyata memang romantis.
  


Lagu: Goodbye Days – Yui
Buku: Her Sunny Side – Koshigaya Osamu
Lagu ini memang soundtrack film Jepang berjudul Taiyou no Uta dan film Her Sunny Side pun memiliki soundtrack lain, tapi lagu ini juga soundtrack Her Sunny Side versi saya. Lagu ini mengingatkan saya pada adegan Kosuke mencari keberadaan Mao saat semua orang melupakannya. Lagu ini seolah dinyanyikan Mao yang harus meninggalkan Kosuke tanpa pamit karena dia menyimpan sebuah rahasia.

Goodbye Days lyric translation, source: Kiwi-musume. Image source: Good Wallpapers, edited by me



Lagu: Beautiful Tonight – Westlife
Buku: The Fault in Our Stars – John Green
Walaupun film TFiOS memiliki soundtrack tersendiri, mendengar lagu ini, saya membayangkan sebuah perjalanan. Bagi saya, TFiOS adalah sebuah perjalanan. Keluarnya Hazel dari zonanya dan berjalan bersama Gus. Perjalanan yang membuat keduanya berkembang karena bertukar banyak hal.

Image source: Wallpaperswide, edited by me
Pertemuan keduanya pun seperti sudah ditunggu-tunggu sejak lama, terutama bagi Hazel yang menganggap pertemuan para penderita kanker sangat membosankan.
Judul lagu ini pun mengingatkan saya pada judul buku ini karena bintang hanya terlihat pada malam hari dan juga mengingatkan saya adegan menelepon Hazel dan Gus.


Lagu: It’s Your Day – Yiruma
Buku: Sunshine Becomes You – Ilana Tan
Dalam buku ini, diceritakan Alex membuatkan lagu untuk berjudul Sunshine Becomes You karena gadis itu mengingatkan Alex pada matahari. Karena buku ini tidak disertai CD lagu-lagu buatan Alex, saya langsung membayangkan It’s Your Day. Lagu tersebut selalu memberikan kehangatan dan kecerahan bagi saya, seolah sedang berada di taman pada musim semi.

Selain lagu-lagu di atas, ada lagu-lagu lain yang bisa mengingatkan saya pada sebuah buku. Kadang, lirik lagu tersebut bertentangan dengan buku, tapi nadanya bisa menggambarkan suasana buku. Saya juga tidak membuat playlist khusus ketika membaca buku, tapi smartphone saya biasanya memang pintar memutar lagu sesuai adegan yang saya baca. Entah bagaimana dia melakukannya.


Playing Around with Romance

3 komentar:

  1. Aku tau Yiruma dan Yui *bangga*
    Tapi gak tau buku-bukunya >,<

    BalasHapus
  2. Kalau Yiruma, aku tahunya cuma Kiss The Rain. Cuma instrumental sih, jadi dari awal baca samoe ujung buku di-repeat terus. Cocok untuk baca buku apa aja, kan nggak pake lirik. :D

    BalasHapus