Minggu, 08 Februari 2015

Donate for Comments



Proyek ini merupakan proyek pribadi Kak Oky @ Oky dan Buku. Bagi saya, proyek ini menjadi semacam bentuk terima kasih karena telah menyumbangkan komentar di blog ini. Setiap balasan komentar dari saya pun akan saya hitung untuk didonasikan.

Saya menargetkan Rp500 untuk setiap komentar yang masuk sepanjang tahun 2015. Karena blog ini masih sepi komentar, jadi saya khawatir tidak terkumpul jumlah yang layak untuk didonasikan. Saya berharap rasa khawatir itu bisa memicu semangat untuk membuat postingan yang baik. Kalau Rp1000 atau lebih besar, saya khawatir saya tidak terpacu membuat postingan yang layak dikomentari.

Komentar yang dihitung dimulai dari 1 Januari 2015. Walaupun saya memulai proyek ini bulan Februari, tapi kan lumayan juga beberapa komentar di bulan lalu kalau jumlahnya dirupiahkan. Komentar terakhir yang saya hitung adalah pada 31 Desember 2015 pukul 24.00.

Kak Oky juga mempunyai rambu-rambu. Ini rambu-rambunya:
  1. Target nominal bebas, silakan kamu tentukan sendiri seikhlasnya. Boleh Rp500, Rp1000, maupun Rp10.000 /per komentar. Saya menargetkan Rp500 untuk setiap komentar yang masuk di blog post tahun 2015 ini, termasuk reply dari saya pribadi.
  2. Komentar yang dihitung hanya dari entri post tahun 2015, yaitu post tanggal 1 Januari 2015 s.d. 31 Desember 2015.
  3. Seluruh komentar dalam entri post apapun selama tahun 2015 akan dihitung. Komentar SPAM tidak dihitung.
  4. Buat Master Post, let everybody know your good intention. Lalu pasang banner Donate for Comments di sidebar blog kamu, link-kan ke Master Post kamu. Agar pengunjung blogmu aware dengan proyek ini
  5. Buat Wrap Up post yang berisi laporan seberapa banyak jumlah komentar dan dana yang berhasil dihimpun. Lalu laporkan juga untuk apa dan kemana dana tersebut kalian sumbangkan
  6. Collected Donation. Apabila teman-teman tertarik, mari bergabung dengan saya dan bersama-sama kita menyumbangkan donasi kita untuk satu atau dua badan amal tertenu. Feel free to contact me.
  7. Daftarkan blog kalian (kalau bisa, taruh link Master Post) via linky di bawah ini (di blog Kak Oky). Mari kita saling berkunjung dan meninggalkan sebanyak mungkin komentar.
Saya belum menentukan akan saya donasikan hasil komentar setahun ini, tapi akan saya laporkan nanti. di Wrap Up Post. Ke mana pun, insyaallah bermanfaat. :)

8 komentar:

  1. Ohhh baru tau saya, ternyata ada yang kayak beginian :)

    BalasHapus
  2. Ide yang kreatif. semoga semuanya tercapai. dan tatap termawan di tahun berikutnya

    BalasHapus
  3. Ide yang bagus :)

    Ini akan mendorong berkarya sambil beramal ya :)

    BalasHapus
  4. Wah project yang bagus nih, tertarik pengen ikutan :)

    BalasHapus