Sabtu, 20 Desember 2014

Fantastic Beasts & Where to Find Them - Newt Scamander (J.K. Rowling)







Judul buku: Hewan-hewan Fantastis dan Di Mana Mereka Bisa Ditemukan (Fantastic Beasts & Where to Find Them)
Penulis: Newt Scamander (J.K. Rowling)
Penerjemah: Komalawati Suhendara (seorang Muggle)
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Ke-6, April 2002
ISBN: 9796865637



Hampir setiap rumah para penyihir di seluruh negeri pasti memiliki satu eksemplar buku Fantastic Beasts and Where to Find Them atau Hewan-Hewan Fantastic dan di Mana Mereka Bisa Ditemukan. Kini hanya untuk waktu terbatas, Muggle juga mendapat kesempatan untuk mengetahui di mana asal Buckbeak si Hippogriff, bahwa Naga Punggung Bersirip Norwegia (bangsanya Bayi Norbert) pernah memangsa ikan paus, dan bahwa Pixie yang pernah membuat Profesor Lockhart ketakutan setengah mati sebenarnya sangat menggemari lelucon-lelucon konyol.

 * * *

It's been there forever.
Sebetulnya saya mempunyai "cukup" banyak buku dalam kategori ini. Seperti judul kategori ini, buku-buku tersebut masih akan menjadi it's been there forever. Bagaimana pun, ketika mengendapkan buku, berarti memang malas membacanya dan ternyata setahun ini saya belum tobat.

Buku ini ada dalam salah satu mata pelajaran di dunia sihir Harry Potter, yaitu Pemeliharaan Satwa Gaib. Saya mengira buku tersebut tebal (biasanya kan buku pelajaran bisa untuk bantal) tapi ternyata tipis. Kalau begitu, seharusnya Harry dan Ron bisa selesai membacanya.

Ada beberapa hewan yang selama ini saya anggap bukan hewan, seperti peri. Peri ternyata tergolong hewan. Tidak seperti penggambaran peri yang selama ini saya - sebagai Muggle - tahu bahwa peri bisa bicara bahkan bisa membangun kerajaan, peri ternyata tidak bisa bicara. Jadi, saya tidak bisa bicara dengan Tinkerbell. :(

Buku ini dibuat senyata mungkin. Ada coretan-coretan Harry dan Ron di dalamnya. Mereka juga seperti kita (saya sih) yang suka mencoret-coret buku pelajaran. Membaca buku ini seolah-olah buku ini adalah panduan hewan gaib sesungguhnya sedangkan buku-buku lain yang menceritakan hewan gaib dibuat oleh Muggle yang tidak tahu apa-apa.

Membaca mengenai peri, putri duyung, atau beberapa hewan gaib akan membuat kita rancu karena ternyata mereka berbeda dari yang kita bayangkan (kalau buku ini nyata). Hewan-hewan lain sama saja dengan mitos sehingga buku ini bisa menjadi panduan bagi pecinta fantasi atau ingin membuat cerita fantasi.

Karena buku ini singkat, saya juga membuat review singkat saja, ya. Langsung saja rating:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar