Sabtu, 08 November 2014

Close To You - Clara Canceriana

I love the cover! Apalagi dominasi biru. Boleh masuk Lucky No. 14 kategori Cover Lust nggak? Buku pinjaman memang. Makanya jadi pengin punya. Aku masukin Lucky No. 14, ya, Kak Astrid? Kalau buku pinjaman nggak boleh masuk kategori Cover Lust, dihapus juga nggak apa.





- Menjadi Diri Sendiri -

Judul buku: Close To You
Penulis: Clara Canceriana
Penerbit: Haru
Cetakan: Ke-1, Oktober 2012
Jumlah halaman: 264
ISBN: 9786027742017

-Mungkin review ini bisa dibilang berisi spoiler.-

Hi5 adalah organisasi di Kwangdan University yang membantu para pelajar asing untuk beradaptasi. Setiap mahasiswa asing dipasangkan dengan anggota Hi5 yang merupakan mahasiswa Korea. Bayu mendapat “musibah” dengan dipasangkan cewek galak bernama Hara. Selain galak, cewek itu juga suka memerintah. Bayu yang tidak pernah bisa mengutarakan isi pikirannya dengan baik tentu tidak bisa berkutik.

Di balik sikap galaknya, lama-kelamaan Bayu menangkap sisi lembut Hara. Beberapa kali, Hara juga membela Bayu yang diperlakukan seenaknya oleh teman-temannya, tetap dengan kegalakannya.

Kegalakan Hara itu menjadi adiksi tersendiri bagi Bayu. Dia akan senang ketika Hara memerintahnya. Sayangnya, Bayu merasa ada sesuatu di antara Hara dan Shin Kang. Bayu tidak mengetahui bahwa mereka sempat berpacaran. Bayu juga tidak mengetahui Hara mempunyai hubungan dengan sosok maya bernama Alex. Tanpa semua itu saja, Bayu tidak memiliki keberanian.

* * *
Sinopsis versi saya sepertinya seolah Bayu adalah tokoh utama novel ini, ya? Sebetulnya, novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga, bergantian dari sisi Bayu atau pun Hara. Saya merasa Bayu lebih banyak tampil dalam novel ini.

Tapi, ya ampuuuun, itu Bayu. . . 

Kok ada cowok semacam dia? Gagap, penakut, polos. Anehnya lagi, cowok gagap-penakut-polos itu adalah mahasiswa pertukaran pelajaran. Keajaiban dia bisa lolos seleksi. 

Kalau belum menjadi mahasiswa sih saya percaya-percaya saja ada cowok seperti itu. Tapi, ini sudah mau remaja akhir. Cowok menggemaskan yang masih seperti anak kecil sih ada, tapi kan nggak gagap juga. 

Gagapnya Bayu ini juga karena dia penakut.

Dilihat dari latar belakangnya, Bayu berasal dari keluarga yang suka mengatur. Saya nggak tahu, sih, kalau keluarga yang terlalu mengatur akan bisa menghasilkan anak seperti itu, atau seperti Hara. Hara juga bernasib sama seperti Bayu, tapi Hara tipe pemberontak.

Dari segi cerita, satu kata untuk mendeskripsikannya: cute.

Awalnya, saya merasa novel ini mudah ditebak. Kenyataannya, memang mudah ditebak. Tapi, pembaca diajak main kucing-kucingan. Kapan rahasia itu akan terbongkar. Beberapa kejutan juga terselip di buku ini.

Karakter Shin Kang yang saya kira akan menjadi antagonis, ternyata menjadi salah satu tokoh yang saya suka. Awalnya, cara Kang mendekati Hara membuat saya kesal. Lama-lama, saya merasa dia justru seorang boyfriend-able. Jangankan Bayu, cowok mana pun bisa dibuatnya minder.

Walaupun mainstream, saya menyukai gaya penulis yang tidak terburu-buru. Clara Canceriana sepertinya memiliki kelebihan dalam hal penokohan. Kepengecutan dan kepolosan Bayu tetap berlebihan sih menurut saya walaupun itu menjadi keimutan tersendiri.

Saya menandai beberapa kutipan favorit:

“Kalian ini bicara apa, sih? Aku beri tahu. Penolakan itu sudah menjadi bagian dari perjalanan kita. Kalau kau takut, jangan pernah jatuh cinta!” – Kang to Bayu dan Junpei (hlm. 75)

“Perasaan suka itu adalah sesuatu yang harus dikejar. Bagaimana pun caranya.” – Kang (hlm. 103)

“Ketika aku percaya pada seseorang, maka aku telah sepenuh hati berusaha mengerti keputusan yang dia ambil.” – Alex (hlm. 222)

Selalu ada hal yang akan sulit diungkapkan , tapi ketika keberanian tanpa persaiapan itu adatang, maka hal itu tidak lagi menjadi kenadala. (hlm. 238)

Rating: 3,5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar