Jumat, 27 Juni 2014

Cerita Rakyat Australia - Erlita Pratiwi







Buku Sastra Asia kan dari GA Mbak Esti, untuk tema Fairy Tale bukunya dari GA Mbak Luckty Si Pustakawin, duet sama Mbak Erlita Pratiwi. Sejak nerima buku ini, saya sudah niat buku ini akan saya baca untuk baca dan posbar bulan ini. ^^





Judul buku: Cerita Rakyat Australia

Penulis:Erlita Pratiwi
Penerbit: Penerbit Andi
Cetakan: ke-1, 2013
Jumlah halaman:109
ISBN: 9789792938906


Farley bertambah heran. Apa ia tidak salah dengar? Fisher memberikan semuanya kepada musuh bebuyutannya? Apa tidak ada orang lain yang lebih baik untuk mengurus pertanian dan peternakannya? Ia sangat tidak mengerti pemikiran Fisher. Apa Fisher dan Worall sudah berbaikan tanpa setahu dirinya?

"Sungguh aneh. Mengapa Fisher pergi ke Inggris tiba-tiba?" gumam Farley. "Mengapa ia tidak bercerita kepadaku tentang rencanya?" 

Farley meninggalkan kediaman Fisher. Tiba-tiba ia merasa sangat sedih. Fisher adalah sahabatnya yang sangat baik. Sedih rasanya ditinggal pergi begitu saja. Ia tidak mengerti mengapa Fisher bisa memutuskan untuk memberikan semuanya kepada tetangganya yang paling menyebalkan.

* * *

Buku ini berisi 12 cerita pendek. Tokoh-tokoh dalam cerita ada yang manusia, hewan, dewa, bahkan roh! Setiap cerita mempunyai pesan moral tersendiri.

Australia dihuni suku Aborigin sejak 50.000 tahun lalu. Suku Aborigin diperkiran berasal dari Asia Tenggara, datang ke Australia dengan perahu pada akhir abad es. Mereka percaya pada "Dreaamtime" atau "Masa Impian", sebuah alam magis yang abadi. Para roh leluhur dihubungkan dengan fenomena alam, baik masa lalu, masa kini, atau masa depan. Kemungkinan hal tersebut memjadikan rakyat Australia memiliki cerita-cerita yang dihubungkan dengan alam lain, bahkan setelah kedatangan bangsa Eropa.

Cerita pertama dalah Fisher's Ghost Festival. Penggalan cerita di atas adalah penggalan cerita tersebut. Cerita ini sempat membuat saya sempat berpikir buku ini buku anak atau bukan. Ceritanya terlalu menyeramkan. Sampai cerita ketiga, saya masih merasa cerita dalam buku ini sadis. 

Mulai dari cerita keempat dan seterusnya barulah saya menemukan cerita anak, atau setidaknya cerita yang tidak akan membuat saya bangun di malam hari waktu saya masih kecil. Pesan-pesan moralnya juga sudah jelas, seperti tentang kejujuran, kebaikan dalam tolong-menolong, dan kecerdikan menghadapi orang lain. 

Sama seperti cerita rakyat Indonesia, beberapa cerita rakyat Australia juga mengisahkan asal usul suatu hal. Salah satunya asal mula kanguru berkantong. Semula kanguru tidak berkantong. Kantong itu adalah hadiah dari dewa.

Ada juga cerita lucu, seperti Katty si Gadis Kucing. Katty adalah kucing yang anggun dan selalu menjaga kebersihan diri. Dia ingin menjadi manusia agar bisa berdandan. Dewa Jupiter dan Dewa Venus berdebat apakah Katty akan kehilangan sifat-sifat kekucingannya kalau menjadi manusia. Untuk membuktikan siapa yang benar, Jupiter pun mengubah Katty menjadi manusia. Bagian akhir cerita ini cukup mengejutkan akibat ulah Venus.

Beberapa cerita pernah saya dengar. Saya tidak tahu ternyata cerita itu berasal dari Australia. Saya pikir cerita tersebut karangan guru saya. ^^

Buku ini juga dilengkapi ilustrasi walaupun tidak pada semua cerita. Walaupun tidak terdapat pada semua cerita, dapat mencegah kejenuhan harus terus melihat tulisan saja. Bagian pinggir halaman juga diberi border sehingga terlihat lebih indah.




Dari buku ini, saya tidak hanya mendapat hiburan dan pesan moral, tapi juga pengetahuan baru berupa nama-nama hewan dan dewa kepercayaan masyarakat Australia, baik dewa suku Aborigin, maupun dewa Romawi. Beberapa di antaranya:




Kookaburra

Kookaburra adalah sejenis kingfisher yang berasal dari Australia dan New Guinea. Hewan ini dapat tumbuh hingga panjang 28-42 cm. Suara burung ini menyerupai suara orang tertawa. Hewan ini memakan ular, insekta, daging mentah, dan bayi burung lain.

Wombat


Wombat adalah marsupial Australia. Wombat berkaki pendek, berkaki empat, dan ekor pendek. Panjang tubuh wombat dewasa sekitar 1 m. Wombat mencari makan pada siang hari dan pada hari yang dingin, wombat juga mencari makan pada malam hari. Wombat termasuk herbivora. Wombat dapat ditemukan di selatan Australia, termasuk Pulau Tasmania. Hewan ini merupakan buruan tasmania.

Byamee

Byamee adalah dewa pencipta. Byamee turun ke bumi untuk menciptakan sungai, gunung, dan hutan. Byamee juga memberikan manusia tradisi, lagu-lagu, dan berbagai hukum. Membicarakan Byamee di muka umum adalah hal yang dilarang. Perempuan tidak dipekenankan melihat gambar Byamee atau pun mendekati situs-situs yang berhubungan dengannya.


Walaupun dalam buku tidak disebutkan penjelasan mengenai hal-hal tersebut, rasa penasaran yang ditimbulkan buku ini dapat membuat kita mengarahkan jari ke situs favorit sejuta umat: Google.
Seperti halnya buku-buku cerita rakyat lain, buku ini tidak akan pernah kadaluwarsa. Cerita-cerita dalam buku ini bisa menjadi dogeng pengantar tidur (kecuali mungkin tiga cerita awal) dan pengingat kita untuk melakukan hal-hal baik serta menghindari hal-hal buruk.

Rating: 






3 komentar:

  1. Waaah menarik ya, belum pernah baca dongeng asal australia.. kenapa ya, rata2 dongeng malah menyeramkan? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, padahal biasanya identik untuk menghimbur anak-anak. versi asli dongeng disney juga banyak yang menyeramkan. x.x

      Hapus
  2. Wahhh..akhirnya di review juga ;)

    BalasHapus