Selasa, 27 Mei 2014

Simple Thinking about Blood Type - Park Dong Sun

Terima kasih kepada Kak Lulu dari Bercerita Buku atas hadiah Giveaway Hop BBI 2014. Wishlist-ku berkurang 1. ^^






- Perbedaan itu Melengkapi -


Judul buku: Simple Thinking about Blood Type
Pengarang: Park Dong Sun 
Penerjemah: Achie Linda
Penerbit: Penerbit Haru
Cetakan: ke-5, April 2014
Jumlah halaman: 262
ISBN: 9786027742253




Tahu nggak sih kalau orang bergolongan darah A itu orang-orang yang halus, tapi kaku dan taat pada peraturan? Atau tahukah kamu kalau golongan darah B itu orang-orang yang kreatif dan bebas?

Apa jadinya kalau mereka disatukan? Jangan-jangan, bisa terjadi pertengkaran!

Ternyata, selain perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal, agama, dan kondisi ekonomi, golongan darah juga bisa menentukan perbedaan sifat kita, lho.

Meski sifat seseorang tidak bisa hanya dilihat dari golongan darahnya, semoga komik Simple Thinking about Bloodtype ini bisa menghibur, sekaligus sedikit membantu kamu untuk memahami orang lain, ya.

Ada 4 jenis golongan darah yang  kita kenal A, B, O, dan AB. Setiap golongan darah membawa sifat-sifat tersendiri. A yang perfeksionis, B yang bebas, O yang penuh semangat, dan AB yang ajaib. 

Buku ini membantu kita untuk mengenal orang berdasarkan golongan darah. Jadi, ketika harus berhubungan dengan golongan darah tertentu, kita sudah mempunyai sebagian gambaran mengenai kepribadiannya. Tapi, seperti kata penulis, jangan langsung menanyakan golongan darah seseorang ketika pertama kali berkenalan karena itu kurang sopan. Buku ini hanya sebagai alat bantu karena sifat seseorang dipengaruhi banyak hal lain.


Saya membaca buku ini sambil memikirkan orang-orang yang saya kenal dengan golongan darah mereka. Walaupun tidak 100% tepat, sebagian sifat mereka sesuai dengan golongan darah. Saya juga membandingkan dengan golongan darah saya. Nyaris tepat, tapi sepertinya saya sudah terpapar golongan darah lain. Kebetulan saya heterozigot, jadi mungkin sifat saya juga bercampur. Ayo, tebak golongan darah saya? Pasti mudah ditebak karena hanya ada 2 kemungkinan. ;)

Buku ini berupa komik yang full color! Akhirnya saya mempunyai komik penuh warna selain Detektive Conan edisi Movie. T^T Membacanya sangat menyenangkan.

Buku ini dibagi menjadi 4 bagian. Bagian 1 Mengetahui Sifat Seseorang Melalui Golongan Darah, Bagian 2 Hubungan Sosial Antargolongan Darah, Bagian 3 Cerita Seru Golongan Darah, Bagian 4 Diary Bergambar Si Cowok Gila. Bagian 4 tidak ada hubungannya dengan golongan darah. Bagian 4 berisi curhatan penulis tentang berbagai hal, sebagian besar tentang statusnya yang masih single.  Hho.



Penulis bergolongan darah O, tapi juga mempunyai sifat golongan darah A seperti ayah dan kakaknya, juga sifat B seperti ibunya. Kompleks!

Saya tidak tahu apakah penulis hanya melakukan observasi atau juga membuat penelitian khusus, tapi sebelum buku ini terbit di Indonesia, saya lebih dulu membaca mengenai penelitian di Jepang mengenai golongan darah membawa sifat tertentu. Darah membawa gen dan gen dapat mempengaruhi sifat. Jadi, mungkin buku ini bisa menjelaskan hasil penelitian tersebut dengan cara yang lebih mudah diterima. 

Saya tidak tahu siapa yang lebih dulu menyadari sifat berdasarkan golongan darah, entah Mr. Park Dong Sun yang berasal dari Korea Selatan atau para peneliti Jepang, tapi semakin banyak yang menyadari penggolongan darah tersebut, semakin mudah untuk dipercaya. Buku ini juga ditulis dalam waktu lima tahun, mungkin dikatakan penulis tidak asal tembak mengenai sifat seseorang.







Rating:



1 komentar:

  1. wawawa ini masih ada di timbunan #plak. nungguin STABT3 aja deh biar sekalian puas bacanya hahaha

    BalasHapus