Rabu, 30 April 2014

Shocking Japan - Junanto Herdiawan


Tema Baca Bareng BBI di hari terakhir April ini adalah Travel. Buku yang jadi pilihan saya adalah Shocking Japan. Sebetulnya nggak terlalu bisa dibilang memilih karena buku ini saya pinjam dari kakak kelas dan adanya hanya ini.

- The "WOW" of Japan -

Judul buku: Shocking
Pengarang: Junanto Herdiawan
Penerbit: B First (Bentang Pustaka)
Cetakan: ke-1, Agustus 2012
Jumlah halaman:162
ISBN: 9786028864640


Percayakah Anda kalau di Jepang ada hal-hal berikut:
· Pesumo yang selalu menangis kencang-kencang saat pertandingan
· Ikan yang dilelang sampai miliaran rupiah
· Kawasan harajuku khusus oma-oma
· Boneka yang disemayami ruh
· Ikan beracun yang tak mematikan jika dimakan
Semua fakta mengejutkan tadi dibahas seru di buku ini. Penulis yang sudah lama tinggal di Jepang menuliskan keterkejutan apapun yang ia temui selama tinggal di negeri sakura itu. Ia menunjukkan bahwa Jepang itu tidak hanya sakura, gunung Fuji, dan shusi. Jadi? Siap-siaplah terheran-heran, tertawa-tawa, dan shock.

* * *

Salahkan Doraemon karena saya menyukai Jepang. Setiap hal yang berhubungan dengan Jepang nyaris tidak luput dari perhatian saya. Tapi, setidaknya saya yakin saya masih lebih mengenal negeri ini dibandingkan Jepang (kecuali mengenai artis-artisnya). 

Membaca judul buku ini tentunya saya memiliki harapan tinggi akan menemukan hal-hal yang membuat saya terkejut seperti judulnya. Sayangnya, sebagian besar tidak membuat terkejut. Mungkin karena kesukaan saya pada negara itu sehingga saya cukup banyak mengetahui negara itu, isi buku ini tidak begitu mengejutkan. Bagi yang belum mengenal Jepang secara jauh, saya rasa buku ini dapat mengejutkan. Di mana lagi kita bisa menemukan ikan beracun yang justru digemari untuk dimakin selain di Jepang?

Salah satu hal yang baru sekaligus bagian favorit saya adalah mengenai Yakuza, semacam mafia Jepang. Selama ini, di film-film, Yakuza hanya ditampilkan sisi jahatnya. Dalam buku, dipaparkan Yakuza memiliki kesan lebih dalam. Yakuza bukan sekadar penjahat. Terkadang Yakuza juga dapat menjadi seperti Robin Hood. Bahkan, banyak anggota Yakuza yang membantu ketika krisis nuklir Fukushima. Keberadaan mereka mungkin meresahkan, tetapi mungkin ini ada hubungannya dengan jiwa mereka yang living dead.

Buku ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu Tak Disangka-sangka, Perlu Tahu, Nih!, Bukan Kuliner Biasa, dan Belajar dari Sini, Yuk!. Setiap bagian berisi beberapa bab yang membahas hal-hal berbeda.
Bagian yang saya ingin ulang berkali-kali adalah mengenai kuliner. Bagaimana pun, penulis sukses mendeskripsikan setiap makanan hingga membuat saya menahan napas. Sayangnya, gambar-gambar dalam buku ini hanya hitam-putih. Hmmmm, siapa pun yang akan atau sedang di Jepang dan akan kembali ke Indonesia, mungkin bisa membawakan saya bir nonalkohol atau Kit Kat rasa shoyu (kecap), atau bahkan kepiting raksasa Hokkaido. Dengan senang hati saya akan menerimanya. ^^v

Image source: It's a Wonderful World

4 jantung untuk buku ini:



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar