Selasa, 29 April 2014

101 Perempuan Berkisah - Women Script Community


Baca Bareng bulan ini yang pertama adalah buku dengan tema perempuan. Tema ini tentu ada hubungannya dengan tanggal 21 April. Tentu semua perempuan Indonesia seharusnya mengetahui hari itu.
Buku ini sudah saya punya entah sejak kapan dan untungnya ada Baca Bareng jadi saya "terpaksa" membaca buku ini.


 - Tersenyum Bersama -

Judul buku: 101 Perempuan Berkisah
Pengarang: Women Script Community (101 Pengarang)
Penerbit: Prameswari
Cetakan: ke-1, November 2013
Jumlah halaman: 376
ISBN: 9796021784969

Seperti judulnya, buku ini ditulis secara keroyokan oleh 101 perempuan. Pengarang-pengarang buku ini memiliki latar belakang berbeda. Penulis, guru, desainer, mahasiswi, ibu rumah tangga, bahkan bidan. Dengan perbedaan itu, semua penulis menyatukan gagasan masing-masing ke dalam buku ini.

Buku ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu puisi, cerpen, opini, dan kisah inspiratif. Setiap kontributor berkontribusi di salah satu bagian. Dengan pembagian seperti itu, saya rasa cukup adil agar setiap kontributor dapat mengasah kemampuan secara lebih terarah.

Setiap tulisan dituturkan dengan gaya masing-masing penulis dengan tidak lupa meninggalkan pesan pada setiap tulisan. Tujuan pembuatan buku ini adalah untuk berbagi kasih sayang. Karena tujuan itulah, cerpen paling menyesakkan sekalipun tetap bisa membuat sedikit tersenyum. Salah satu kekuatan hebat perempuan adalah dapat dengan mudah membuat perempuan lain tersenyum, tetapi juga dapat dengan mudah membuat perempuan lain menangis tanpa suara. Dan, buku ini berisi kekuatan yang pertama.

Bagian favorit saya adalah kisah mengenai senyuman seorang ibu. Saya sudah lupa itu termasuk cerpen atau kisah inspiratif, tetapi intinya adalah seorang mahasiswi yang sedang "berburu" untuk tugas akhir mendapat inspirasi dari seorang ibu asing. Bagi saya, hal semacam itu sangat manis. Bagaimana sebuah kebaikan kecil dapat berdampak besar bagi orang lain. 

4 Happy untuk buku ini.

Rating:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar