Jumat, 28 Maret 2014

Cinta, Luka, dan Cemburu - Rina Eklesia





Tema baca dan posting bareng bulan ini adalah puisi. Lagi-lagi saya mencari buku di perpus kota. Kali ini, karena saya lagi pelit dan gak mau modal buat beli buku yang tidak ada di wishlist. Hehe.




Judul buku: Cinta, Luka, dan Cemburu

Penulis: Rina Eklesia
Penerbit: Lukita
Cetakan: ke-1, Juni 2012
Jumlah halaman:118
Putuskan Saja
Kenapa harus jatuh cinta lagi
Bila kau telah memilikinya
Dan kau katakan ini takdirmu
Kau terlalu egois
Bagaimana mungkin kau bisa
Mencintai dua hati
Putuskan saja dia
Sebab bila kau sungguh cinta
Takkan ada cinta kedua

Kutipan di atas adalah salah satu puisi yang ada dalam buku ini. Buku ini memuat seratus puisi mengenai patah hati dan cinta kedua. Puisi-puisi dalam buku ini menggunakan pilihan kata yang umum sehingga mudah dimengerti.

Saya merasa buku ini tidak memiliki alur cerita. Beberapa puisi memang menampilkan kenangan, tapi tidak saling menyambung dengan puisi lain. Walaupun tanpa alur, puisi-puisi dalam buku ini memuat mengenai keretakan suatu pernikahan karena adanya pihak lain. Saya mengetahuinya dari kata setting kamar yang digunakan pada beberapa puisi. Puisi-puisi di buku ini seputar kegalauan karena sulit move on walau ingin. Ada juga puisi yang menceritakan tokoh "aku" kembali kepada Tuhan. Yang membuat saya bingung, di salah satu puisi, "aku" justru meminta maaf karena telah melukai "kau". Sebab perpecahan tidak diceritakan dalam buku ini. Puisi terakhir berisi kesudahan "aku" untuk bergalau melalui puisi (saat itu), tapi mungkin saja bisa lahir ratusan puisi lain. 

Buku ini bisa menjadi teman bagi orang yang sedang jatuh cinta agar tidak berlebihan. Bagi yang sedang patah hati, saya sarankan jangan menambah kegalauan. Hhe.

Saya bukan pecinta puisi, hanya seorang pembaca yang menyukai rangkaian kata indah. Saya tidak bisa menilai puisi. Jadi, begitulah akhir review saya. Karena saya tidak bisa menilai puisi kalau tidak ada alur cerita, saya tidak bisa memberikan rating. Saya tidak bisa menilai dari segi diksi atau unsur lain. *reviewer macam apa ini*

1 komentar:

  1. waaah puisinya semua tentang galau dan patah hati yaaa XD btw aku udah lama banget ga minjem buku di perpus hehe

    BalasHapus