Jumat, 28 Februari 2014

The Espressologist - Kristina Springer

- Your Choice! -

Judul buku: The Espressologist
Penulis: Kristina Springer
Penerjemah: I Gusti Nyoman Ayu Sukerti
Penerbit:
Noura Books
Cetakan: ke-1,
Januari 2012
Jumlah halaman: 302
ISBN: 9786029225266

Espressologist? Apa itu? Itulah pertanyaan yang sering ditemukan Jane. Jane adalah seorang barista paruh waktu sekaligus Espressologist, begitu dia menyebut dirinya. Jane mengadakan penelitian kecil-kecilan mengenai hubungan kopi pilihan dengan sifat konsumennya. Dia juga mencoba menjodohkan beberapa orang dengan melihat sifat mereka. 

Semula Jane hanya iseng. Dia berhasil menjodohkan tiga pasangan sampai Derek, managernya, mengetahui perbuatan Jane. Em, sahabat Jane terlalu antusias dengan kemampuan Jane karena masih merasakan kesenangan Jane menjodohkannya dengan Cam, teman Jane di kelas bahasa Inggris. Jane mengira dia akan kena marah. Tapi, berkat Em, Derek justru menjadikan Jane sebagai promosi liburan kedai mereka. Maka, jadilah Jane seorang Espressologist di kota itu.

Jane berhasil menjodohkan banyak pasangan. Promosi ini disambut antusias. Bahkan Ginny, sahabat Melissa: orang yang paling tidak disukai Jane, datang padanya. Sayangnya, walau berhasil menjodohkan banyak pasangan, Jane masih jomblo! Kopi favoritnya dengan kopi favorit Will, cowok yang disukainya tidak cocok.

* * *
Agak telat untuk posbar. Hhe. Yang penting masih Februari. :P

Saya membeli novel ini karena tertarik dengan covernya dan sinopsisnya. Dalam bayangan saya, saya akan menemukan sosok perempuan berusia minimal 25 tahun yang bekerja sebagai barista. Saya mengira saya akan diberikan kebingungan dari seorang perempuan 25 tahun, tetapi jomblo. Ditambah lagi, saya sedang ingin membaca novel dengan tokoh yang memiliki kisaran umur segitu. Waktu itu, saya masih suka membaca teenlit.

Ternyata, Jane masih kelas 3 SMA! Sedikit kecewa. Tapi karena saya menyukai gaya bahasa buku ini, saya membacanya sampai habis. Dan tidak menyesal.

Seingat saya, saya mulai menyukai kopi gara-gara buku ini. Adegan pembuatan kopi memang tidak terlalu spesifik. Tapi, buku ini membuat saya penasaran mengapa orang-orang menyukai kopi. Maka, saya pun mencoba jenis-jenis kopi.

Setiap kopi yang disajikan di buku ini juga diberikan penjelasan mengenai sifat-sifat pecintanya sehingga pembaca tidak bingung mengenai tiba-tibanya para tokoh menjadi dekat. 

Di bagian akhir juga terdapat lampiran resep kopi dan penjelasan mengenai jenis-jenis kopi. Ada satu jenis kopi yang tidak saya temukan di Google, frappycap. Ternyata di lampiran disebutkan mengenai frappucino. Saya baru tahu mereka serupa tapi tak tampak sama. 

Untuk dikatogerikan bertema kuliner, bagi saya sudah cukup karena sepanjang membaca novel ini saya menghirup aroma kedai kopi. Tapi, memang bagian yang menjelaskan kopi hanya sedikit, lebih banyak mengenai masalah Jane.

Rating:




Sekian review kali ini. ^^


5 komentar:

  1. Wah... buku yang kita review untuk posbar bulan Februari tema Kuliner sama! :)

    Walaupun ceritanya terkesan datar dan gitu-gitu aja, tapi aku suka sih. Karena pengetahuanku tentang jenis-jenis minuman kopi jadi nambah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ga merhatiin, padahal aku yang belakang. hhe. :)

      iya, aku baru tau kalau espresso bisa menghasilkan berbagai varian kopi. ^^

      Hapus
  2. Aku lagi inget2, siapa yaa yg review buku ini juga,eh di atas udah ada yang ngaku, hihi..
    Bukunya sepertinya menarik, duh tema bulan ini tuh emang bikin laper dan pengen mampir bener2 xD

    BalasHapus
  3. Aku jadi tertarik sama buku ini gara2 baca beberapa review... biarpun bukan fans kopi, tapi memang suka penasaran sama jenis2 kopi yang macem2 banget..

    BalasHapus
  4. aahh.. buku ini bisa dibilang yang 'membangkitkan' semangat membaca gua and bikin gua membuat blog buku :))

    BalasHapus