Kamis, 30 Januari 2014

Inferno - Dan Brown (Secret Santa 2013)


Hari ini akhirnya datang juga. Agak telat posting karena begitu buku maunya dipost, malah diedit lagi edit lagi.  Efek buku yang terlalu bagus: tidak tahu apa yang harus saya jabarkan.

Sebelum mereview, saya mau mengucapkan terima kasih kepada Santa karena telah memberikan buku ini. Dari semua pilihan dalam wishlist-ku, Santa-ku memilih buku ini, padahal buku ini melebihi range harga aturan Secret Santa ternyata. Saya baru tahu begitu melihat label harga toko buku (lain kali cari tahu dulu makanya, fah).
 Thank you so much for the wonderful book! *Big hug*



Judul buku: Inferno (Neraka)
Penulis: Dan Brown
Penerjemah: Ingrid Dwijani Nimpoeno & Berliani Mantili Nugrahani
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetakan: ke-2, Oktober 2013
Jumlah halaman: 644
ISBN:9786027888555



Sinopsis


Tempat tergelap di neraka

dicadangkan bagi mereka

yang tetap bersikap netral di saat krisis moral.


Tengah malam, Robert Langdon terbangun di rumah sakit dan syok saat mendapati dirinya ada di Florence, Italia. Padahal, ingatan terakhirnya adalah berjalan pulang setelah memberi kuliah di Harvard. Belum sempat Langdon memahami keganjilan ini, dunianya meledak dalam kekacauan. Di depan mata, dokter yang merawatnya ditembak mati. Langdon berhasil lolos atas bantuan Sienna Brooks, seorang dokter muda yang penuh rahasia.

Dalam pelarian, Langdon menyadari bahwa dia memiliki sebuah stempel kuno berisi kode-kode rahasia ciptaan ilmuwan fanatik yang terobsesi pada kehancuran dunia berdasarkan mahakarya terhebat yang pernah ditulis Inferno karya Dante. Ciptaan genetis ilmuwan tersebut mengancam kelangsungan umat manusia, Langdon harus berpacu dengan waktu memecahkan teka-teki yang berkelindan dalam puisi-puisi gelap Dante Alighieri. Belum lagi, dia harus menghindari sepasukan tentara berseragam hitam yang bertekad menangkapnya.

Sang master, Dan Brown, sekali lagi menunjukkan kegeniusannya mengolah sejarah, seni, kode, dan simbol dalam sebuah kisah yang tak terlupakan. Setelah Da Vinci Code, Angels & Demons, dan The Lost Symbol, Inferno kembali menegaskan kejayaan Dan Brown sebagai perajut kisah luar biasa.  

Saya tidak membuat sinopsis versi saya sendiri karena menurut saya sinopsis di cover belakang sudah mewakili isi buku. Saya tidak mau merusak kejutan bagi yang belum membaca. Tapi, sekadar tambahan – karena ini salah satu hal yang menurut saya keren, pertualangan Robert Langdon kali melibatkan organisasi swasta yang bergerak dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari orang, lembaga, pemerintah, dll, yang ingin berkamuflase.

Dalam novel ini, disebutkan karya-karya yang diilhami mahakarya Dante Alighiere berjudul Inferno. Kasus kali ini melibatkan seorang ilmuwan jenius yang mengagumi karya Dante tersebut. Ia menggunakan Inferno Dante dan semua karya lain yang diilihami Inferno pada masa lampau sebagai tantangan untuk mengungkapkan keberadaan "harta karun" yang dapat mengancam umat manusia. 

Tuhan yang terkasih, aku berdoa agar dunia mengingat namaku bukan sebagai pendosa keji, melainkan sebagai penyelamat agung sebagaimana Kau mengenal diriku yang sesungguhnya. Aku berdia semoga Umat Manusia bisa memahami hadiah yang kutinggalkan. 

Novel ini juga dilengkapi grafik mengerikan yang menunjukkan kehancuran umat manusia beberapa puluh tahun lagi. Hal itulah menjadi dasar pemikiran sang ilmuwan untuk melakukan tindakan yang menurutnya dapat menyelamatkan umat manusia. Tokoh fiksi itu sepanjang cerita berhasil membuat saya berpikir berkali-kali apakah tindakannya benar atau tidak.

Seperti biasa, Dan Brown berhasil membuat karya dengan detail-detail hebat. Dan Brown berhasil mengorek informasi suatu situs (bukan situs web) yang tidak banyak diketahui publik. Risetnya sangat luar biasa. Dan Brown tidak hanya berhasil mengumpulkan fakta sejarah, tetapi juga bidang medis.

Kali ini, Dan Brown memadukan sejarah, moral, dan biomedis. Membaca buku ini rasanya seperti menaiki roller coaster tanpa melihat lebih dulu trek yang akan dilalui. Setiap beberapa bab sekali, ada saja kejutan, yang kemudian berputar dan berubah pada bab-bab selanjutnya. Kawan atau lawan sulit dipastikan sampai bab terakhir, terlebih dengan menjadikan tokoh utama amnesia. This is Dan Brown, anyway.

Karena saya masih speechless ketika membuat tulisan, jadi cukup sekian review kali ini. Terima kasih.

Mungkin sudah bisa diperkiran saya memberi berapa rating.



Saatnya menebak siapa Santa saya.

Setelah posting riddle dan saya mengungkapkan kebingungan, Santa memberikan riddle tambahan:
lihat dan perhatikan sebuah benda benda ini dulu dipakai hampir semua orang sekarangpun masih ada yg memakainya tp orang orang sekarang lebih memilih yg pintar dan bisa bergeser jangan tanyakan pada si pintar untuk menemukan kunci kodenya
 Akhirnya saya bisa membongkar isi riddle tersebut. Saya sebetulnya sudah mencoba cara di atas, tapi saya hanya menekan keypad sekali kalau angka muncul sekali, dua kali kalau angka muncul dua kali dalam satu kata. Hasilnya, saya makin bingung. Ternyata caranya salah. :P. Angka-angka itu adalah angka-angka yang mengandung huruf pada keypad hp model lama. Hampir semua orang kan punya hp, sekarang kebanyakan punyanya smartphone, si pintar. Si pintar tombolnya qwerty, jadi jangan lihat tombol smarphone. Sebetulnya pada aplikasi Go Keyboard ada keypad seperti itu juga, tapi malah waktu butuh mode itu malah ga bisa.

Terima kasih clue tambahannya. Saya bisa memecahkan kalimat-kalimat itu walaupun ada satu kalimat yang tidak berhasil saya pecahkan, yaitu baris kedua (please, kasih tau kalimat sebenarnya, Santa). Yang terpenting, ada kalimat yang menyatakan Santa tidak berasal dari Pulau Jawa (padahal buku ini dikirim dari Pulau Jawa) dan Santa berasal dari kota yang dihuni hanya 2 member bbi, dengan yang ikut serta hanya 1. Untung Santa memberi kalimat lugas. Kalau pakai puisi lagi, aku . . . *jedotin kepala ke bantal*.

Setelah saya menatap satu per satu data member bbi, saya memperkirakan Santa saya adalah Mute @ Hanya Sebuah Komentar.

Tunjukkan dirimu, Santa! (kok malah terkesan mengancam. :D)


23 komentar:

  1. huaaa buku ini masih wishlist....pingin bacaaa....btw penasaran benarkah santanyaaa XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo, ayo, baca. :D
      waktu yang kan menjawab kebenarannya #halah

      Hapus
  2. Aku juga pengen baca buku ini, tapi malah belum sempet beli --

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. mengaku sajalah ~
      Kalaupun salah, kan bikin aku seneng. :P

      Hapus
  4. Akhirnya ada juga yg nuduh Kak Mute ya #eh

    Btw...ugh aku belum punya buku ini jugaaa. Padahal penasaran tingkat dewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks to Santa.
      Kalau bukan karena Santa, aku juga mungkin belum punya. :)

      Hapus
  5. Nah loh kak mute merasa dituduh..berartiiiiiii?????
    Ayoo dong santa ngaku..penasaran itu angka2 banyak bener

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang merasa dituduh berarti memang . . ., ya? hhe.
      siapa pun santanya, yang penting sisa angka yang belum terpecahkan, dikasih tau aku. >.<

      Hapus
  6. Balasan
    1. yaaah, kalau mba yang ngaku, tebakanku salah dong. :(

      Hapus
  7. aakk, makin penasaran ama buku ini :3 masukin list ah :D

    BalasHapus
  8. wuihhh Kak Mute ditembak sama target. Jadi mau baca Inferno juga.
    Itu maksudnya angka apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu angka yang ada hurufnya di hp lama. :D

      Hapus
  9. memang kode angkanya kalo dipencetin gak muncul angkanya ya? *malah nanya* <-- penasaran kode angka2nya dibaca apa sih, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara penyelesaiannya baru diupadet. hhe. :)

      Hapus
  10. ayo santanya ngaku beneran mbak Mute nggak nih? :D
    nggak kepengen baca Inferno juga, pusing pastinya nanti --"

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada yang mengaku. >.<
      diajak seneng aja, supaya ga pusing. ini yang paling ga musingin sepertinya. :D

      Hapus
  11. Hai hai #nongollagi
    Tuduhannya bener kok, maaf ya baru sempet ngaku sekarang :D
    Soalnya kemaren pas bikin riddle ga sempet dicatet jawabannya, jadi nyari waktu deh buat ngerjain riddle sendiri bwahahaha...
    Ini lengkapnya biar ga penasaran :))

    4256 23 halo af

    258 4286692 542672 aku ibunnya khansa

    8464425 34 5682 9264 2862 232 382 636237 224 tinggal di kota yang cuma ada dua member bbi

    8274 2862 258 9264 4588 732738 72682
    tapi cuma aku yang ikut secret santa

    7352628 6362222
    selamat membaca


    258 84325 8464425 34 78528 5292
    aku tidak tinggal di pulau jawa


    Yang ga ketebak cuma baris pertama yah? Cuma perkenalan doang kok :))

    Baidewei aku beli ga lewat dr batas atas kok, kan dapet diskon kalo beli di mba maria (hobby buku) #promo #biarbesok2ditambahdiskonnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aye! tebakanku benar. hohoho.
      ternyata baris kedua itu berisi nama. saya malah sempet mikir santa salah tulis karena huruf mati bertumpuk. hhe.
      syukur deh. soalnya masih ada label harganya waktu kubuka. #eh.
      makasih bukunya. berkesan banget untuk SS pertamaku. :)

      Hapus
  12. aku sudah baca buku ini...dan semakin mengagumi Dan Brown ^_^

    BalasHapus