Minggu, 13 Oktober 2013

Her Sunny Side - Koshigaya Osamu


 - The Warmth of Love -



Judul buku: Her Sunny Side (Hidamari no Kanojo)
Penulis: Koshigaya Osamu
Alih bahasa: Faira Ammadea
Penerbit: Penerbit Haru
Cetakan: ke-2, Mei 2013
Jumlah halaman: 224

"Apakah kau sendiri yang menganggap bertemu denganku adalah takdir?" - Mao to Kosuke
 Untuk merayakan premiere film yang diadaptasi dari novel ini 12 Oktober lalu, maka saya membuat review singkat mengenai novel.

 Ini buku, ceritanya sesuatu banget. Awalnya, saya mengira novel ini cukup membosankan dan bukan tipe saya karena gaya bahasanya yang terasa kaku. Sayangnya, saya memang merasa sayang kalau tidak melanjutkan membaca novel karena sudah terlanjur dibeli. Maka, jadilah saya membaca buku ini.
Setelah selesai membaca bab pertama, akhirnya saya mulai menyukai buku ini. Dan kekakuan yang awalnya saya rasakan itu justru menjadi nilai tambah buku ini. Kenapa? Karena kekakuan itu justru menjadi karakter tokoh utama pada bab awal. Jadi, gaya bahasa itu seolah-olah mengambarkan perasaan sang tokoh dan kepribadian tokoh yang menurut saya agak kikuk.

* * *

Sepasang teman SMP, Kosuke Okuda dan Mao Watarai, bertemu kembali setelah berpisah sepuluh tahun. Pertemuan itu adalah pertemuan "tidak sengaja" antarklien dua perusahaan yang masing-masing ditangani oleh Kosuke dan Mao. Pertemuan itu berlanjut ke pertemuan-pertemuan pribadi.
Kosuke sempat terkesan (dan mungkin malu) bahwa Mao, yang dulu murid paling bodoh dan paling aneh di SMP, menjadi wanita yang bukan sekadar staff junior biasa di perusahaan tempat ia bekerja, sedangkan Kosuke sendiri masih menjadi Kousuke yang biasa saja, seorang staff junior biasa, yang tidak terlalu banyak kemajuan sejak SMP. Walaupun ada kesenjangan status di antara mereka (yang hanya dirasakan Kousuke), hubungan mereka tetap berlanjut. Mungkin itu yang dinamakan "Love".
Ayah angkat Mao menentang hubungan mereka karena tidak memercayai Kousuke dan belum mengenal Mao dalam-dalam. Kousuke bahkan baru mengetahui bahwa Mao adalah anak angkat dan mengalami hilang ingatan. Namun, Kosuke yakin ia mencintai Mao. Dalam keadaan mabuk, sepulang mereka dari rumah Keluarga Watarai, tercetuslah rencana kawin lari, yang awalnya disarankan oleh Mao. Dan, tanpa banyak basa-basi, resmilah Kosuke dan Mao menjadi suami-istri, sah secara hukum.
Pernikahan mereka diwarnai hal-hal lucu dan kocak. Kebiasaan-kebiasaan aneh Mao, keekstrasabaran Kosuke, dan terselip adegan-adegan implisit. Ada juga adegan yang membuat saya nyaris tidak bernapas ketika Mao melompat dari lantai 3 apartemen untuk menyelamatkan anak tetangga. Tapi, bukan novel namanya kalau tidak ada konflik.
Konflik dalam novel ini bukan percekcokan rumah tangga atau adanya orang ketiga. Mao ternyata menyimpan sebuah rahasia besar. Rahasia menjadi kunci kemunculannya sebelum muncul di kehidupan orangtua angkatnya.

* * *
Seperti kebanyakan cerita-cerita Jepang yang pernah saya tonton dari dorama, novel ini menyajikan konflik yang membuat pembaca mengeluarkan ribuan tanda tanya pada detik-detik terakhir, sebelum cerita ditutup. Mao tiba-tiba menghilang tanpa kabar apa pun dan Kosuke satu-satunya orang yang menyadari kehilangan itu. Konflik ini baru selesai pada beberapa lembar terakhir.
Awalnya, saya cukup jengah dengan akhir novel ini karena jauh dari prediksi, tetapi seiring waktu, saya dapat menerima akhir cerita. Saya acungkan dua jempol. Setiap penulis memiliki gaya tersendiri dan saya menyukai gaya Koshigaya Osamu yang dapat membuat jantung saya tertohok.
Novel ini, tepat dibaca oleh pecinta romance dan drama yang menginginkan cerita yang berbeda. Adegan-adegan dalam novel ini juga dapat memperkenalkan Jepang secara tidak langsung.

Kalau film Hidamari no Kanjo tayang di Indonesia, saya pasti sudah lari ke bioskop, tapi sayangnya sangat jarang film Jepang yang tayang di bioskop Indonesia.
Pemeran Kosuke Okuda adalah Jun Matsumoto, salah satu personel boyband Jepang "Arashi" dan pemeran Tsukasa Domyouji dalam dorama Hana Yori Dango. Pemeran Mao Watarai adalah Juri Ueno, yang juga memerankan Noda Megumi (Nodame) dalam dorama Nodame Cantabile.

Rating:





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar