Minggu, 04 November 2012

Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela - Tetsuko Kuroyanagi



- Keingintahuan dalam Kepolosan -

Judul buku: Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela (Madogiwa no Totto-chan)
Penulis: Tetsuko Kuroyanagi
Alih bahasa: Widya Kirana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: ke-10, Oktober 2011
Jumlah halaman: 271


Ibu Guru menganggap Totto-chan nakal. Ia sering membuka-tutup laci mejanya. Setelah satu jam membuka-tutup laci mejanya, Totto-chan meninggalkan tempat duduk dan berdiri di dekat jendela. Ketika ada pemusik jalanan lewat, ia memanggilnya dan meminta mereka memainkan musik. Timbullah kegaduhan di kelas itu. Akhirnya, Totto-chan pun dikeluarkan dari sekolah.

Mama pun mendaftarkan Totto-chan ke Tomoe Gakuen. Tomoe Gakuen bukan sekolah biasa. Bangun sekolah merupakan gerbong kereta. Di sekolah itu, semua murid bebas menentukan urutan pelajaran sesuai keinginan mereka sehingga dalam satu kelas terdapat berbagai kegiatan dalam satu waktu setiap harinya. Totto-chan mendapat banyak teman dan guru yang baik hati. Kepala Sekolah, Sosaku Kobayashi, juga sangat dekat dengan murid-muridnya. 

* * *

Banyak keajadian lucu, mengharukan, dan menarik dari buku ini, seperti bagaimana Totto-chan membuat celananya robek setiap hari, jatuhnya Totto-chan ke dalam bak penampungan kotoran, kejadian ketika Totto-chan mendengar wali kelasnya dimarahi oleh kepalas sekolah suatu sore karena "ekor", atau Totto-chan yang berjanji menjadi guru di Tomeo Gakuen jika sudah dewasa.

Di Tomoe Gakuen jugalah Totto-chan mendapat banyak pengalaman berharga dan pelajaran-pelajaran berharga tentang persahabatan, rasa hormat dan menghargai orang lain, serta kebebasan menjadi diri sendiri.

Buku ini merupakan novel yang menceritakan pengalaman pengarang. Berbeda dengan otobiografi pada umumnya yang terkesan monoton, buku ini menceritakan pengalaman-pengalaman unik masa kecil pengarang dengan gaya bahasa yang membuatnya seperti cerpen atau novel.

Totto-chan merupakan penggambaran dunia anak kecil yang selalu diliputi rasa ingin tahu dan belum mengerti masalah-masalah rumit dunia. Penggambaran tersebut dipaparkan melalui sudut pandang orang ketiga dan bahasa yang mudah dipahami oleh semua usia.

Sekarang, buku ini dicetak dengan versi hard cover, semula juga terdapat versi soft cover. Kertas yang digunakan berwarna cerah dengan ukuran tulisan yang cukup besar dan tidak rapat. Terdapat beberapa ilustrasi gambar mengenai suatu kejadian tertentu pada bab-bab buku ini. 

Kelebihan buku ini adalah gaya bahasanya yang mudah dipahami dan penyajian buku dengan kertas dan tulisan yang menyamankan pembaca. Kekurangan buku ini adalah tidak adanya alur naik-turun secara keseluruhan pada buku ini, alur naik-turun hanya terdapat terpisah-pisah pada setiap bab, sehingga bagi orang yang mengharapkan membacanya seperti novel pada umumnya, mungkin sedikit dikecewakan. Namun, kecewa tersebut dapat terbayarkan jika menikmati setiap cerita yang disajikan pada tiap babnya yang selalu memiliki kisah unik. 

Buku ini direkomendasikan dibaca untuk para orang tua yang ingin lebih mengenal dunia kanak-kanak dan orang-orang yang bergerak dalam bidang pendidikan. Buku ini juga dapat dibaca oleh anak-anak semua usia karena gaya bahasanya mudah dipahami dan isinya menceritakan dunia mereka dengan banyak pelajaran berharga mengenai hidup.

Rating:






1 komentar:

  1. Temenku bilang buku ini seru, jadi langsung nyari reviewnya di internet. Lagi nyari hadiah buat adek sepupu.

    BalasHapus