Minggu, 04 November 2012

Totto-chan's Children - Tetsuko Kuroyanagi




- Keceriaan Tak Boleh Hilang - 



Judul buku: Totto-chan's Children: A Goodwill Journey to the Children of the World
Judul terjemahan: Anak-anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-anak Dunia
Penulis: Tetsuko Kuroyanagi
Alih bahasa: Ribkah Sukito
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: ke-1, Februari 2010
Jumlah halaman: 328

 Kami Bertanya, "Tidakkah kau takut tertular AIDS?"
Dan inilah jawaban Nicole, " Aku memang takut, tapi kalau aku tertular AIDS, aku masih bisa hidup beberapa tahun lagi, kan? Kau tahu, keluargaku tidak punya makanan untuk besok." - halaman 260

Buku ini berisi kisah perjalan Totto-chan yang sudah dewasa dan menjadi Duta Kemanusiaan UNICEF. Totto-chan berkunjung ke negara-negara di dunia yang mengalami masalah kekeringan, kelaparan, perang, pertikaian antarsuku, atau masalah lainnya yang mengakibatkan anak-anak yang polos dan tak berdosa menjadi korban.

Banyak hal tak terduga dari anak-anak dengan kondisi seperti itu, salah satunya anak di Afrika yang tidak mengenal gajah dan hewan liar Afrika lainnya. Namun, dengan kondisi seperti itu, mereka tetap ingin bersekolah, bermain, dan bercita-cita tinggi untuk memajukan keluarga dan negaranya agar hidup mereka lebih baik.

* * *

Lewat buku ini Totto-chan ingin menceritakan pengalamannya saat bertemu anak-anak manis itu suupaya semakin banyak orang bisa membantu anak-anak dunia menggapai masa depan yang lebih baik.

Gaya bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami. Setiap bab menyajikan kisah dari negara-negara berbeda. Buku ini dilengkapi foto-foto kondisi memprihatinkan dari anak-anak tersebut.  

Buku ini memiliki soft cover dan kertas putih terang (HVS) sehingga nyaman untuk dibaca dan gambar-gambar dapat terlihat dengan jelas. Tulisan yang digunakan besar dan tidak rapat sehingga memudahkan pembaca untuk nyaman membacanya. 

Kelebihan buku ini adalah terdapat foto-foto yang membuat makna buku ini lebih mendalam. Hanya saja, beberapa foto mungkin terlalu memprihatinkan untuk dilihat kanak-kanak.

Buku ini perlu dibaca bagi semua orang, remaja dan dewasa, untuk menambah kepedulian terhadap dunia dan mensyukuri yang telah dimiliki. 

Rating:







2 komentar:

  1. saat pertama kali melihat buku ini di perpusda, sy langsung meminjamnya dan membacany di rumah. begitu selesai membaca saya tidak sanggup membacany lg. beda dg totto chan -gadis cilik di jendela- sy tak bosan membacany. kalau totto chan's children ini berisi kisah anak2 yg memilukan. saya sama sekali gak menyangka nun jauh di sana, diberbagai negara dalam krisis perang, ribuan anak menjadi korban, maut yg mengintai kapanpun, kelaparan jangka panjang, kehilangan, dikondisikan mengangkat senjata sejak belia, dan foto2 dalam buku ini juga tak sanggup sy melihatnya. rasanya kurang cocok dibaca anak2. namun buku ini membuat mata dunia lebih terbuka agr bisa melihat n menemukan solusi agar anak2 di negara konflik bisa mendapat kebahagiaan n masa depan yg seharusnya mjd milik mereka

    BalasHapus
  2. saya berkali-kali baca ini ga bosen..sekarang penulisnya udah berumur yaa

    BalasHapus